Dinas PUPR Ambon tangani empat kondisi darurat longsor

id longsor,ambon,dinas pupr

Ilustrasi - Longsor di Batu Gajah, Kota Ambon, Jumat (29/6) (ANTARA/Penina Mayaut)

Ambon (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kota Ambon tangani empat kondisi darurat bencana tanah longsor.

"Saat ini petugas melakukan pekerjaan tanggap darurat di empat lokasi tanah longsor di dua kecamatan di kota Ambon," kata Kepala dinas PUPR kota Ambon, Enrico Matitaputty, Jumat.

Untuk tahap awal dilakukan pembersihan tanah longsor di badan jalan di empat lokasi, yakni di Hatalai, Kilang, Hukurilla Kecamatan Leitimur Selatan dan kawasan Kate-kate Kecamatan Teluk Ambon.

Di Hatalai, longsor terjadi di badan jalan mengakibatkan sebagian badan jalan terputus dan saat ini dilakukan pembukaan agar akses jalan tidak terputus. Sementara di lokasi negeri Kilang dan Hukurilla, badan jalan yang tertutup longsor telah dibersihkan.

"Badan jalan yang tertutup longsoran telah dibersihkan, sehingga saat musim hujan kawasan tersebut sudah bersih dari tanah dan batu," katanya.

Untuk kawasan Kate-kate, kata Enrico, dilakukan penutupan talud yang ambruk dengan terpal, sambil melakukan perbaikan talud bagian bawah.

"Lokasi Kate-kate akan dicek kembali. Ambruknya talud karena derasnya saluran air untuk masyarakat, karena itu kita akan mengecek lagi untuk mencari solusi terbaik," ujarnya.

Ia mengimbau pengguna kenderaan untuk berhati-hati karena longsornya badan jalan yang menghubungkan Kecamatan Letisel dan pusat Kota Ambon. Tanah di bagian bawah aspal jalan itu juga tergerus air hujan dan dikhawatirkan terjadi longsor susulan sehingga jalan putus total.

"Kita mengimbau masyarakat di Kecamatan Letisel untuk memperhatikan jalan air, selokan, terutama warga yang tinggal di bantaran gunung agar terhindar dari bencana," katanya.*

Baca juga: Tanah longsor mulai melanda Ambon

Baca juga: BPBD Ambon imbau warga waspada cuaca ekstrem


 

Pewarta : Penina Fiolana Mayaut
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar