Jakarta (ANTARA) - Ketua Dewan Pertimbangan MUI Din Syamsuddin menilai pihak berwajib dan yang bertanggung jawab perlu melakukan penyelidikan mendalam dan serius untuk mengetahui penyebab kematian ratusan orang dan ribuan lainnya yang sakit dari kalangan anggota KPPS dengan membentuk Tim Pencari Fakta melibatkan unsur masyarakat madani.

Din dalam siaran pers yang terima di Jakarta, Jumat, menyatakan keprihatinan yang mendalam atas terjadinya musibah yang dapat disebut sebagai kejadian luar biasa yang belum pernah terjadi di Indonesia dan di negara-negara lain.

Dia menyampaikan duka cita atas meninggalnya 400-an petugas terkait penyelenggaraan Pemilu 2019 dan ribuan yang sakit. "Kami menyampaikan rasa duka cita yang mendalam kepada keluarga korban dan berdoa semoga Allah SWT merahmati para korban wafat dan memberi kesembuhan kepada korban sakit."

Din meminta semua pihak, khususnya Pemerintah, untuk memberi perhatian serius terhadap kejadian luar biasa tersebut dengan melakukan langkah-langkah penanggulangan atas korban mati dan pencegahan atas korban sakit.

Dia juga engajak segenap keluarga besar bangsa, khususnya umat Islam untuk senantiasa berdoa kehadirat Allah SWT agar bangsa Indonesia terhindar dari marabahaya dan malapetaka.*

Pewarta: Erafzon Saptiyulda AS
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2019