Kami cukup tertarik dengan inovasi "E-Wadul" itu, kami berencana menirunya di Bali dengan program "E-Mesadu" yang berarti mengadu, nanti akan kami coba inovasikan dan lakukan kajian di DPRD Bali."
Semarang (ANTARA) - Rombongan Sekretariat DPRD Provinsi Bali bersama sejumlah media di Bali, melakukan kunjungan ke DPRD Provinsi Jawa Tengah untuk mempelajari program dan inovasi yang dilakukan dalam penyebaran berita dan informasi dewan setempat.

"DPRD Jateng memiliki banyak inovasi seperti bagaimana menciptakan sinergitas media dan inovasi pemberitaan yang menyebarkan kegiatan dewan itu yang kami pelajari pada kunjungan ini," ujar Kabag Persidangan DPRD Bali yang juga Plt. Kabag Umum DPRD Bali, I Gusti Agung Alit Wikrama, di Semarang, Jateng, Sabtu.

Menurutnya, ada satu inovasi yang cukup menarik yang dimiliki oleh DPRD Jateng yaitu, program "E-Wadul" yang menyerap aspirasi masyarakat secara daring.

"Kami cukup tertarik dengan inovasi "E-Wadul" itu, kami berencana menirunya di Bali dengan program "E-Mesadu" yang berarti mengadu, nanti akan kami coba inovasikan dan lakukan kajian di DPRD Bali," katanya.

Dengan program tersebut, melalui inovasi itu, menurutnya dewan bisa menerima aspirasi dari masyarakat melalui berbagai media seperti media sosial yang kemudian aspirasi tersebut dapat ditindaklanjuti melalui pertemuan.

"Fungsi dewan memang memperjuangkan aspirasi masyarakat. Nantinya inovasi ini akan menyerap berbagai aspirasi untuk ditindaklanjuti," katanya.

Untuk program penyebaran informasi yang lain, menurutnya apa yang sudah dilakukan DPRD Bali tidak jauh berbeda dengan yang dilakukan oleh DPRD Jawa Tengah.

"Kami di Bali ada Forum Wartawan DPRD, penyebaran informasinya juga kurang lebih sama. seperti saat ini kami juga rutin mengadakan kegiatan studi bersama media," ujar Alit Wikrama.

Sementara itu, Kasubbag Publikasi Sekretariat DPRD Jateng, Anif Magfiroh menjelaskan, DPRD Jawa Tengah juga memiliki tim khusus yang meliput, menyusun dan menyebarkan informasi terkait kegiatan dewan.

"Informasi-informasi itu kami sebarkan melalui berbagai media seperti media sosial kami, portal dan majalah internal kami yaitu, Mimbar Legislatif," katanya.

Untuk sinergitas dengan para media, pihaknya mengaku selama ini hubungan dengan media terus terjalin dengan baik dan segala informasi terkait aktifitas dewan juga terus terpublikasi di berbagai media cetak, televisi maupun elektronik berskala lokal dan nasional.

"Kami selalu berupaya untuk setiap kegiatan pasti terpublikasikan dengan baik. Untuk memfasilitasi rekan-rekan media kami juga memiliki ruangan khusus untuk mereka. Khusus untuk media sosial kami menggunakan bahasa yang lebih milenial agar informasi lebih dapat ditangkap oleh generasi muda," katanya.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019