Kita prediksi yang aman saat ini baru 10 kursi dari penghitungan internal yang kita lakukan, katanya
Padang, (ANTARA) - DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Sumatera Barat mencatat terjadi peningkatan suara yang mereka dapatkan dalam Pemilu Legislatif 2019 dibandingkan dengan Pemilu 2014.

“Peningkatan ini hasil kerja keras pengurus dan kader di lapangan sehingga kita mampu mengirimkan caleg terbaik kita ke parlemen baik di tingkat Sumbar maupun di DPR RI,” kata Seketaris DPD Partai Amanat nasional (PAN) Sumbar Indra dt Rajo Lelo di Padang, Senin.

Selain itu, langkah jitu yang membuat suara partai berlambang matahari tersebut adalah dengan menempatkan caleg terbaik mereka di daerah pemilihan yang sama sehingga jumlah suara partai ikut melonjak naik.

“Penempatan caleg di suatu daerah pemilihan memiliki peran penting. Jika seorang caleg terbaik ditempatkan di satu dapil dan diikuti caleg yang buruk tentu suara partai akan tergerus turun namun caleg yang baik didampingi dengan caleg yang juga baik tentu suara partai akan meningkat pesat,” kata dia.

Ia menyebutkan untuk DPRD Sumatera Barat dalam Pemilu 2019 diperkirakan jumlah kursi yang didapatkan Partai Amanat Nasional (PAN) sebanyak 10 kursi.

Jumlah tersebut dapat bertambah karena hingga saat ini penghitungan masih terus dilakukan KPU. Dengan jumlah 10 kursi partainya belum mampu mendapatkan posisi Ketua DPRD Sumbar tapi salah satu kursi pimpinan tetap dalam genggaman PAN.

“Kita prediksi yang aman saat ini baru 10 kursi dari penghitungan internal yang kita lakukan,” katanya.

Sementara untuk DPR RI juga terjadi peningkatan pesat karena pada 2014 PAN hanya mampu mengirim satu caleg mereka ke DPR RI yakni Asli Chaidir.

Dalam pemilu 2019 ini, lanjutnya PAN diprediksi mampu mengirim tiga calegnya yang berasal dari dapil Sumbar 2, yakni Guspardi Gaus dan dua caleg di dapil Sumbar 1, yakni Athari Gauti Ardi dan Asli Chaidir.

“Kita masih terus menunggu keputusan resmi dari KPU terkait penetapan anggota DPR RI maupun anggota DPRD Sumbar,” katanya.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Edy Supriyadi
Copyright © ANTARA 2019