Saya berada di sini untuk memastikan bus yang akan jalan laik, sehingga aman
Bandung (ANTARA) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan uji kelaikan bus di Terminal Leuwipanjang, Kota Bandung, Jawa Barat, untuk memastikan kendaraan yang akan mengangkut penumpang aman digunakan.

"Saya berada di sini untuk memastikan bus yang akan jalan laik, sehingga aman," kata Menhub Budi Karya kepada pers di Bandung, Selasa.

Dalam kunjungan tersebut, Menhub didampingi Wali Kota Bandung Oded Muhammad Danial dan Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi.

Ia mengatakan bahwa bus masih merupakan kendaraan favorit yang digunakan penumpang untuk transportasi ke sejumlah kota sehingga keamanan merupakan hal yang harus diutamakan.

Apalagi, kata Menhub, menjelang arus mudik dan balik, jumlah warga  yang akan menggunakan bus tetap tinggi. "Adanya tol Trans-Jawa juga ikut memicu masyarakat menggunakan bus," kata Budi Karya.

Kemenhub dibantu dengan Dinas Perhubungan akan intens melakukan uji kelaikan bus sebelum diberangkatkan, untuk memastikan aman beroperasi. "Kami akan lihat kondisi bus apakah laik untuk dijalankan, juga surat-suratnya. Kalau tidak laik tidak boleh jalan," katanya.

Dikatakan Menhub, Terminal Leuwipanjang akan diserahkan kepada Kementerian Perhubungan agar kondisinya lebih baik dan representatif sehingga penumpang lebih nyaman. "Pada 2020 terminal ini akan dioperasionalkan oleh Kemenhub," kata Menhub.

Dalam kunjungan tersebut Menhub berkesempatan memeriksa bus Arimbi dengan cara masuk kolong untuk melihat nomor kendaraan dan kondisi rem.

 

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019