Karawang (ANTARA) - Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno unggul di Kabupaten Karawang, Jabar, sesuai hasil penghitungan raihan suara Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

"Rapat pleno rekapitulasi suara di Karawang berlangsung aman dan kondusif," kata Ketua KPU setempat Miftah Farid, di Karawang, Rabu.

Pasangan Prabowo-Sandi meraih suara sekitar 57 persen atau 779.266 suara pada Pilpres 2019 di Karawang. Sedangkan Joko Widodo-Ma'ruf Amin meraih 584.682 suara atau sekitar 43 persen.

Jumlah total suara sah sebanyak 1.363.948 suara dan suara tidak sah sebanyak 31.724 suara.

Sementara jumlah masyarakat yang menyalurkan hak pilihnya dilihat dari jumlah suara sah dan tidak sah sebanyak 1.395 672.

Jumlah itu dilihat dari keseluruhan pemilih, yakni yang tercatat Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) maupun dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK) sebanyak 1.742.848

Ia mengatakan, hasil pleno penetapan rekapitulasi penghitungan suara itu kemudian dibawa ke KPU Jabar, untuk kemudian dilakukan rekapitulasi tingkat Jabar.

"Tahapan Pemilu hingga rapat pleno perhitungan suara di Kabupaten Karawang berlangsung kondusif," kata dia. 

Baca juga: Butuh 19 hari hitung suara TPS terbanyak di Bogor
Baca juga: KIP: Tiga kabupaten belum selesaikan rekapitulasi suara
Baca juga: BPN ajak media nasional jaga kondusivitas selama tahapan pilpres

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019