KAI menyediakan KA Bandara Internasional Yogyakarta dengan Rute Stasiun Maguwo - Wojo PP yang memiliki pemberhentian di empat stasiun yaitu Maguwo, Yogyakarta, Wates, dan Wojo.
Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengoperasikan Kereta Api Bandara Internasional Yogyakarta mulai 6 Mei 2019 atau bertepatan dengan penerbangan perdana maskapai Citilink Indonesia.

“Angkutan KA Bandara Internasional Yogyakarta ini kami maksudkan agar masyarakat dapat mengandalkannya sebagai moda transportasi terintegrasi sehingga perjalanan lebih nyaman dan tepat waktu,” kata Direktur Utama KAI Edi Sukmoro dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

KAI menyediakan KA Bandara Internasional Yogyakarta dengan Rute Stasiun Maguwo - Wojo PP yang memiliki pemberhentian di empat stasiun yaitu Maguwo, Yogyakarta, Wates, dan Wojo.

KA ini menempuh jarak 49,1 kilometer dengan durasi perjalanan selama 47-51 menit.

Sesampainya di Stasiun Wojo, penumpang dapat menggunakan Bus Damri untuk menuju Bandara Internasional Yogyakarta.

Dengan jarak enam kilometer, perjalanan dari Stasiun Wojo dapat ditempuh selama 10 hingga 12 menit. Jadwal perjalanan KA Bandara Internasional Yogyakarta berangkat pukul 10.40 di Stasiun Maguwo, pukul 10.52 di Stasiun Yogyakarta, pukul 11.15 di Stasiun Wates dan tiba di Stasiun Wojo pukul 11.26.

Kemudian, dari Stasiun Wojo berangkat pukul 14.04, Stasiun Wates 14.47, Yogyakarta 14.46 dan tiba di Stasiun Maguwo pukul 14.55

Edi mengatakan jadwal dari KA Bandara ini dapat bertambah dengan menyesuiakan jadwal penerbangan di Bandara Internasional Yogyakarta.

Selain itu, rute KA Bandara Internasional Yogyakarta ini juga merupakan rute sementara sambil menunggu pembangunan jalur KA dari Stasiun Kedundang menuju Stasiun Bandara Internasional Yogyakarta selesai. Jika sudah selesai, penumpang dapat langsung turun di Bandara, tanpa perlu berpindah moda.

Dalam rangka meningkatkan minat masyarakat menggunakan angkutan KA Bandara Internasional Yogyakarta, KAI memberikan tarif promo sebesar Rp15.000 untuk keberangkatan 6-9 Mei 2019.

Sesudah masa promo,  tarif KA Bandara Internasional Yogyakarta sama dengan tarif KA Solo Ekspress yaitu Rp30.000 untuk 0-66 kilometer dan Rp40.000 untuk jarak lebih dari 66 kilometer.

Untuk f bus menuju Bandara Internasional Yogyakarta, Perum Damri masih menggratiskannya hingga 12 Mei 2019, setelahnya akan dikenakan tarif sebesar Rp10.000.

Sarana KA Bandara Yogyakarta International Airport menggunakan rangkaian KRDE dengan kapasitas 196 penumpang duduk dan 200 penumpang berdiri sehingga totalnya adalah 396 penumpang dalam satu rangkaian KA. Total kapasitas per hari adalah 792 penumpang dengan asumsi melayani dua kali penerbangan Citilink. Di dalam kereta, penumpang akan dimanjakan dengan penyejuk ruangan (AC), televisi, toilet, ruang penyimpanan koper dan barang, serta USB Port untuk mengisi daya smartphone.

Untuk menunjang kenyamanan penumpang KA Bandara Internasional Yogyakarta, KAI telah memperbaiki ruang tunggu penumpang KA Bandara di keempat stasiun yang dilalui. KAI menyediakan area dan kursi tunggu yang nyaman, toilet standar bintang lima, televisi, charging corner, pendingin ruangan, dan fasilitas penunjang lain.

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019