Visi Indonesia 2045 harapkan Indonesia jadi negara kelima terbesar

id visi indonesia 2045,negara kelima terbesar dunia,bappenas

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (kedua dari kanan) didampingi Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla (kedua dari kiri), Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo (kiri) dan Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro (kanan) saat meluncurkan Visi Indonesia 2045 di Jakarta, Kamis (9/5/2019). (ANTARA/Aji Cakti)

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah berharap Indonesia dapat menjadi negara kelima terbesar di dunia dalam Visi Indonesia 2045 yang diluncurkan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2019.

"Kami meluncurkan Visi Indonesia 2045, di mana dalam visi tersebut pada 2045 secara singkat Indonesia tentunya dengan segala usaha, upaya, seperti yang telah disampaikan oleh Presiden Joko Widodo, Indonesia bisa menjadi negara berpendapatan tinggi dan negara maju yang kelima terbesar di dunia pada 2045 di bawah China, Amerika Serikat, India maupun Jepang dengan besaran PDB 7,3 triliun dolar AS, dan dengan pendapatan per kapita sudah di atas 25 ribu dolar AS per kapita," ujar Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro di Jakarta, Kamis.

Bambang menjelaskan bahwa pemerintah ingin melihat ke depan, jauh ke depan, khususnya 100 tahun kemerdekaan Indonesia. Dan kebetulan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Indonesia itu berakhir pada 2045.

"Dengan demikian kita sudah bisa keluar dari middle income trap yang selama ini selalu menjadi permasalahan terbesar kita. tapi tentunya, seperti telah disampaikan Presiden, ini tidaklah otomatis, ini membutuhkan upaya keras karena lebih banyak negara yang terjebak di kelas menengah dibandingkan negara yang lolos dari kelas menengah," katanya.

Dia juga menambahkan bahwa pada 2045 tersebut, pemerintah memperkirakan kemiskinan sudah mendekati nol, ketimpangan juga sudah pada angka yang baik dan ideal, demikian juga tingkat pengangguran relatif rendah. Gambarannya diperkirakan seperti itu.

"Karena itu kami jadikan momen hari ini untuk kita bersama-sama menyatukan langkah, menatap ke depan, bagaimana kita bersama-sama membawa negara yang kita cintai ini menjadi bagian dari negara maju yang menyejahterakan masyarakatnya," tutur Menteri PPN/Kepala Bappenas tersebut.

Musrenbangnas 2019 yang digelar pada hari ini selain memaparkan rancangan teknokratik Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) untuk tahun 2020, diluncurkan pula Visi Indonesia 2045.

Dalam Visi Indonesia 2045, Indonesia akan menjadi negara maju dan berpendapatan tinggi dengan PDB terbesar ke-5 di dunia. Indonesia juga akan memiliki SDM yang unggul, berbudaya, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi,ekonomi yang merata dan inklusif; serta menjadi negara yang demokratis, kuat, dan bersih.

Visi tersebut dapat dicapai melalui empat pilar pembangunan, yaitu: (1) Pembangunan Manusia serta Penguasaaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, (2) Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan, (3) Pemerataan Pembangunan, dan (4) Ketahanan Nasional dan Tata Kelola Kepemerintahan.
Baca juga: Visi Indonesia 2045 modal implementasi Kesepakatan Paris

Pewarta : Aji Cakti
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar