Kereta beroperasi bulan September, hanya tinggal beberapa section penyambungan..
Solo (ANTARA) - PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Surakarta mengatakan kereta api (KA) bandara ditargetkan selesai pada September 2019.

"Kereta beroperasi bulan September, hanya tinggal beberapa section penyambungan, dan ada namanya verifikasi dan sertifikasi dari PT KAI selaku operator kereta api dan Ditjen Perkeretaapian sebagai regulator yang memakan waktu agak lama," kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Surakarta Abdullah Usman di Solo, Jumat.

Ia mengatakan dengan prediksi selesai pada bulan September artinya tidak sesuai dengan target awal, yaitu KA bandara Solo bisa beroperasi awal bulan Juli 2019.

Pihaknya mengaku memperoleh kabar mundurnya pengoperasian KA Bandara Solo dari Balai Teknik Perkeretaapian. Terkait hal tersebut dikatakannya, pembebasan lahan juga masih menjadi kendala utama.

Meski jadwal pengoperasian KA mundur, ia memastikan Stasiun Bandara siap seluruhnya pada Juni mendatang.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri mengatakan progres pembangunan jalur dari Stasiun Solo Balapan hingga Bandara Adi Soemarmo sudah mencapai 79 persen.

"Dengan demikian awal Juli nanti sudah beroperasi. Masalah lahan ini sedang proses pembebasan," kata saat rapat koordinasi persiapan angkutan Lebaran di Stasiun Solo Balapan, pekan lalu.

Ia mengatakan Kementerian Perhubungan juga mulai berdiskusi dengan PT KAI selaku operator KA bandara, terkait pelayanan dari
Solo ke Bandara Adi Soemarmo dan juga dari Solo ke Jogja.

Sebagaimana diketahui, rapat koordinasi tersebut juga dihadiri oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo.

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019