Tiga habib calon anggota DPD dari Kalsel raih suara terbanyak

id Calon anggota DPD RI dapil Kalsel, Pemilu 2019, KPU Kalsel

Ilustrasi - Suasana rekapitulasi suara pemilu di Kabupaten Banjar yang digelar KPU setempat. (ANTARAYose Rizal).

Banjarmasin (ANTARA) - Tiga habib, yakni Abdurrahman Bahasyim, Hamid Abdullah, dan Zakaria Bahasyim yang menjadi calon anggota Dewan Pewakilan Daerah RI dari Daerah Pemilhan Kalimatan Selatan meraih suara terbanyak pada Pemilu 2019 di provinsi itu.

Dari 14 calon anggota senator di DPD RI yang memperebutkan empat kursi, tiga habib tersebut berpeluang besar lolos ke Senayan, karena masuk empat besar dalam perolehan suara tertinggi.

Hal itu berdasarkan hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan perolehan suara tingkat Provinsi Kalsel, selama 8-10 Mei 2019, di Hotel Rattan Iin Banjarmasin.

Sebagaimana rekapitulasi perhitungan suara di 13 kabupaten dan kota di Kalsel, Habib Abdurahman Bahasyim yang kini masih duduk sebagai senator DPD RI memperoleh suara tertinggi, yakni, 394.026 suara.

Perolehan suara senator yang biasa dipanggil "Habib Banua" tersebut dibuntuti Gusti Farid Hasan Aman yang pernah dua periode terpilih sebagai anggota DPD RI dengan jumlah perolehan 317.661 suara.

Terbanyak ketiga diisi Habib Zakaria Bahasyim sebagai sosok baru di kancah politik untuk DPD RI tersebut, yakni 249.982 suara.

Peringkat perolehan suara terbanyak keempat didapatkan Habib Hamid Abdullah yang merupakan senator DPD RI sudah menjabat dua periode saat ini, yakni 231.192 suara.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Selatan Sarmuji menyatakan penetapan pemenang calon anggota DPD RI akan dilaksanakan di KPU pusat di Jakarta.

"Kita hanya menetapkan perolehan suara sebagaimana rekapitulasi di tingkat kabupaten/kota, selanjutnya akan ditetapkan lagi di rapat pleno terbuka KPU pusat," kata dia.

 

Pewarta : Sukarli
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar