Pontianak (ANTARA) - Perum Damri Cabang Pontianak saat ini telah menyiagakan 90 unit bus dari berbagai rute baik dalam kota, antara kota, antara provinsi dan lintas negara untuk angkutan mudik dan balik lebaran 2019.

"Total bus kita ada 116 unit. Sebanyak 90 siap melayani arus mudik dan balik lebaran 2019 ini. Terdapat 26 unit di antaranya adalah bus baru," ujar General Manager Perum Damri Cabang Pontianak, Yulianto di Pontianak, Sabtu.

Ia memprediksikan untuk lebaran jika dibandingkan hari biasa akan meningkat 100 persen dan bahkan bisa lebih.

"Kemudian prediksi kita jika dibandingkan dengan lebaran tahun lalu, tahun ini akan meningkat minimal 20 persen," papar dia.

Menurut dia, untuk arus mudik di Kalbar diperkirakan mulai H-8 lebaran.

"Kemudian puncak mudik sebagaimana sebelum - sebelumnya pada H- 3 dan H-2," papar dia.

Yulianto memastikan bahwa seluruh armada yang ada dalam kondisi layak karena itu syarat mutlak untuk bisa beroperasi.

"Bahkan untuk momen lebaran perawatan kita intens kan dan dipercepat karena dipastikan frekuensi penggunaan armada lebih pada. Menyambut lebaran, armada semua dimaksimalkan," jelas dia.

Yulianto mengajak masyarakat yang ingin mudik untuk memesan tiket lebih awal. Hal bisa membuat lebih cepat dan tenang penumpang.

"Dari sisi kami juga bisa menghitung dan menyesuaikan kebutuhan berapa armada untuk pemudik. Secara umum kita siap untuk memenuhi kebutuhan penumpang. Untuk tiket pemesanan juga sudah bisa melalui aplikasi. Silahkan mengunggah di play store, Damri Apps. Hanya melalui telepon seluler bisa membeli tiket dan metode pembayaran bisa dipilih dari yang tersedia. Jadi pemudik tidak perlu datang atau antri ke kantor pemasaran kami," papar dia.


Pewarta: Dedi
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2019