Palu (ANTARA) - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin akan mengunjungi Kota Palu dan Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah terkait rencana pembangunan pusat pendidikan Islamic Centre di Desa Sunju, Kecamatan Marawola.

"Kegiatan ini direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 15 Juni 2019 bertempat di Desa Sunju, Kabupaten Sigi," ucap Sekretaris MUI Sulawesi Tengah, Dr H Sofyan Bachmid di Palu, Selasa.

Sofyan Bachmid mendampingi Ketua MUI Sulawesi Tengah HS Ali Bin Muhammad Aljufri menemui sekaligus mengundang Ketua Umum MUI KH Ma'ruf Amin, di Jakarta, Selasa.

Kata Sofyan Bachmid, KH Ma'ruf Amin tidak sekedar hanya melakukan kegiatan peletakkan batu pertama pembangunan pusat pendidikan Islamic Centre di Sigi, 
melainkan juga menghadiri Haul Habib Idrus Bin Salim Aljufri (Guru Tua) yang akan di laksanakan pada bulan Juni di Kompleks Alkhairaat.

Habib Idrus atau Guru Tua merupakan pendiri pusat pendidikan Alkhairaat yang terletak di Jalan Sis Aljufri, Palu Barat, Kota Palu.

Sebelumnya, MUI bekerjasama dengan Korea Selatan, membangun Islamic Centre di Desa Sunju, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, sebagai upaya percepatan pemulihan pascabencana gempa dan likuefaksi menghantam wilayah itu.

"Iya, pembangunan dilakukan atas kerjasama MUI Pusat dengan Korea melibatkan MUI Sulteng dan Pemkab Sigi," ucap Sofyan Bachmid.

Sofyan Bachmid mengemukakan, berdasarkan kerjasama MUI Pusat dan Korea, maka Korea menyalurkan bantuan senilai 500.000 dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp7,4 miliar.

MUI Sulawesi Tengah, kata Sofyan Bachmid, menindak lanjuti kerjasama itu melibatkan Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta.

Pelibatan itu, sebut dia, terkait pembebasan lahan untuk pembangunan Islamic Centre seluas 1,1 hektare di Desa Sunju.

Dia menerangkan, di areal 1,1 hektare itu akan dibangun rumah, gedung Islamic Centre, masjid dan Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2019