Tapi paling tidak harganya sudah agak lumayan dibandingkan sebelumnya
Palu (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah berhasil menekan lonjakan harga bawang putih di Kota Palu, setelah bekerja sama dengan distributor mendatangkan komoditas tersebut dari Pulau Jawa.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Zainuddin Hak di Palu, Jumat,  membenarkan harga bawang putih di tingkat pengecer dalam beberapa hari terakhir ini mulai turun setelah sebelumnya mengalami kenaikan tajam.

Harga bawang putih di pasaran saat ini sudah ada yang menjual Rp45.000 per kilogram dari harga sebelumnya yang mencapai Rp100.000 per kilogram.

Setelah mendapat pasokan, harga bawang putih di pasa berangsur-angsur  turun, meski belum kembali normal. "Tapi paling tidak harganya sudah agak lumayan dibandingkan sebelumnya," kata Zainuddin.

Pemerintah terus berupaya untuk mengendalikan harga, terutama bahan kebutuhan pokok seperti gula pasir, minyak goreng, teluar ayam, daging,beras, bawang merah, bawang putih, dan lainya.

Instansinya, kata Zainuddin, rutin melakukan monotoring ke pasar tradisional maupun modern untuk mengecek ketersediaan maupun harga. Hal yang sama  juga dilakukan oleh TPID (Tim Pengendali Inflansi Daerah) bersama satgas pangan yang ada di daerah  tersebut.

"Kami bersama-sama turun langsung ke pasar. Bahkan sering memberikan peringatan kepada pedagang apabila menaikan harga sepihak," ujarnya.

Para pedagang diberi pemahaman agar mereka tidak seenaknya menaikan harga  karena pemerintah sudah mengatur dan menetapkan standar harga beberapa kebutuhan pokok.

Dia mencontohkan beras, gula pasir, minyak goreng, dan daging beku sudah ditetapkan harga eceran tertinggi (HET)-nya. Jadi, pedagang tidak boleh menjualnya di atas harga yang ditetapkan tersebut, khususnya untuk empat komoditas pangan itu.

"Ya kalau terbukti menjual di atas HET, maka satgas pangan akan menindak tegas," kata Zainuddin.

Khusus harga beras di pasar baik jenis medium maupun premium rata-rata dibawah HET yang ditetapkan pemerintah. HET beras medium Rp9.450 per kilogram dan beras premium Rp12.800 per kilogram. Daging sapi beku dijual di pasar modern Rp80.000 per kilogram , gula pasir Rp12.500 per kilogram, dan minyak goreng Rp12.500 per kilogram.

Pewarta: Anas Masa
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019