623 peserta ikuti Musabaqah Tunas Ramadhan di Nagan Raya Aceh

id Peserta,Musabaqah,Tunas,Ramadhan,Pemkab Nagan Raya,Kabupaten Nagan Raya,Pemerintah Aceh,Provinsi Aceh

Ketua Kwarda Pramuka Provinsi Aceh, Muzakir Manaf (kanan) melakukan salam komando dengan Kamabicab Pramuka Nagan Raya M Jamin Idham ketika membuka Musabaqah Tunas Ramadhan Ke-XVIII Tahun 2019 di Alun-alun Suka Makmue, Nagan Raya, Sabtu (18/5) malam. (ANTARA Aceh/ Teuku Dedi Iskandar)

Banda Aceh (ANTARA) - Sebanyak 623 peserta yang berasal 20 daerah dari total 23 kabupaten/kota di Aceh mengikuti Musabaqah Tunas Ramadhan (MTR) Ke-XVIII yang dipusatkan di Alun-alun Kompleks Perkantoran Suka Makmue, Kabupaten Nagan Raya, Aceh pada 17 hingga 21 Mei 2019.

"Ada tiga daerah yang tidak mengikutsertakan kontingennya kali ini, yakni Gayo Lues, Aceh Tenggara, dan Simeulue," ucap Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabincab) Pramuka Nagan Raya, M Jamin Idham di Suka Makmue, Nagan Raya, Sabtu (18/5).

Kegiatan MTR Ke-XVIII di Alun-alun Suka Makmue, Jumat (17/5) malam, telah dibuka oleh Ketua Kwarda Pramuka Provinsi Aceh Muzakir Manaf, dan pejabat terkait. Dalam pembukaan itu, terdapat empat kabupaten di provinsi itu mencalonkan diri sebagai tuan rumah di MTR Ke-XIX Tahun 2020.

Jamin Idham juga menjabat sebagai Bupati Nagan Raya mengatakan, melalui kegiatan Musabaqah Tunas Ramadhan ini diharapkan seluruh peserta memahami dan menghayati ajaran Islam yang Rahmatan Lil'alamiin.

"Kami berharap dengan kegiatan ini, dapat menumbuhkembangkan generasi muda yang cinta terhadap Alquran sebagai pedoman hidup," katanya.

Selain itu, lanjut dia, minat generasi muda dalam membaca kitab suci bagi umat muslim bisa meningkatkan terutama setelah mempelajari isi kandungan Alquran, dan menjadikan Nagan Raya sebagai daerah yang tercatat terus memperkuat ajaran Islam dan menjaga budaya Aceh yang Islami.

"Kami berterima kasih kepada Ketua Kwarda Pramuka Aceh, Bapak Muzakir Manaf yang sudah bersedia hadir dan membuka kegiatan ini. Sebagai tuan rumah, kami sangat bangga. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi kita semua," tutur Bupati Jamin Idham.

Ketua Kwarda Pramuka Provinsi Aceh, Muzakir Manaf berharap melalui Musabaqah Tunas Ramadhan ini kesadaran memahami ajaran Islam khususnya generasi muda Aceh yang Islami dapat terus tumbuh, salah satunya tercermin dari gemar membaca Alquran.

Pihaknya meyakini bahwa melalui kegiatan ini mampu menjadikan Aceh sebagai pelopor Musabaqah Tunas Ramadhan, dan nantinya akan diikuti oleh provinsi lain di Indonesia.

"Terkait sejumlah kabupaten di Aceh sudah menyatakan diri bersedia mencalonkan sebagai tuan rumah di even MTR selanjutnya, kami belum memutuskan. Karena masih perlu dilakukan seleksi administrasi," kata Muzakir.

Pewarta : Muhammad Said
Editor: Ridwan Chaidir
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar