Kami bersama-sama melakukan upaya penyelamatan, salah satunya dengan membujuk korban agar turun dari atas menara masjid
Mataram (ANTARA) - Tim SAR Mataram berjuang selama sembilan jam untuk menggagalkan upaya bunuh diri seorang warga bernama Junaedi (25) dari menara Masjid Baiturrahim Kediri, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Minggu.

Warga Dusun Batu Rimpeng, Desa Jagaraga Indah, Kecamatan Kediri, Lombok Barat itu, masih bertahan di puncak menara Masjid Baiturrahim Kediri, meskipun sudah dibujuk oleh warga dan tim SAR gabungan sejak pukul 08.30 hingga 07.00 Wita. Bahkan, ia nekat bertelanjang dada.

Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi turun Junaedi dari puncak menara masjid dalam keadaan selamat pada pukul 17.20 Wita. Warga tersebut langsung dibawa menuju Rumah Sakit Umum Provinsi NTB untuk mendapatkan penanganan medis secara lebih lanjut.

"Warga tersebut berhasil diselamatkan oleh tim SAR gabungan setelah beberapa jam melakukan usaha percobaan bunuh diri," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Mataram I Nyoman Sidakarya didampingi Kepala Sub Seksi Operasi dan Siaga, Muhdar, saat ditemui di lokasi kejadian.

Kantor SAR Mataram menerima laporan terkait dengan kejadian tersebut dari Anggota Polsek Kediri, Aipda Nyoman Merta, pada pukul 08.30 Wita.

Berdasarkan informasi, warga itu naik ke menara masjid sekitar pukul 05.00 Wita. Belum diketahui pasti motif warga tersebut ingin bunuh diri.

Setelah menerima laporan, personel Kantor SAR Mataram berangkat ke lokasi kejadian lengkap dengan peralatan dan bergabung dengan unsur terkait lainnya, seperti dari TNI, polisi, petugas pemadam kebakaran, dan masyarakat setempat.

"Kami bersama-sama melakukan upaya penyelamatan, salah satunya dengan membujuk korban agar turun dari atas menara masjid," kata Nyoman.

Pewarta: Awaludin
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2019