Putussibau, Kapuas Hulu (ANTARA) -
Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Kapuas Hulu menghadiri Pekan Gawai Dayak ke-34 Provinsi Kalimantan Barat yang dipusatkan di Rumah Radakng Pontianak bersama dengan DAD kabupaten lainnya.
 
"Kehadiran DAD Kapuas Hulu wujud dukungan kita terhadap pelaksanaan pekan gawai dayak Kalimantan Barat dan pembukaan gawai itu sukses dan aman," kata Sekretaris Dewan Adat Dayak Kapuas Hulu, Petrus Kusnadi yang dihubungi  dari Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Senin.

Gawai Dayak merupakan perayaan dan festival budaya yang  diadakan setiap tahun oleh suku Dayak, asli Kalimantan.
 
Menurut Petrus, pelaksanaan pekan gawai dayak dari tahun ke tahun semakin meningkat kualitas kegiatannya, itu semua berkat koordinasi dewan adat Dayak provinsi, daerah bahkan nasional mau pun dengan suku asli di negara tetangga, Serawak.
 
Disampaikan dia, dari sisi stan pameran tertata dengan baik, sehingga sebagai tamu undangan, pengunjung merasa nyaman.
 
"Semua stan terakomodir oleh panitia, dan tertata dengan baik jadi memang saya rasakan tahun ini pekan gawai dayak itu lebih sukses," ucap Petrus.
 
Dikatakan Petrus, pelaksanaan pekan gawai dayak provinsi Kalimantan Barat dapat dijadikan acuan untuk pelaksanaan pekan gawai dayak tingkat kabupaten.
 
Untuk gawai dayak tingkat kabupaten di Kapuas Hulu, kata dia akan dilaksanakan setelah selesai pekerjaan pembangunannya.
 
"Memang salah satu tujuan rumah adat dayak kabupaten sebagai wadah untuk pelaksanaan berbagai event budaya seperti Pekan Gawai Dayak," kata Petrus.* 


Baca juga: Sarawak kirim kontingen 390 personel pada PGD di Kalbar
Baca juga: Polda Kalbar turunkan 1.034 personel amankan Gawai Dayak

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019