NU cabang luar negeri dukung hasil Pemilu ditetapkan KPU

id NU,Pemilu

Jajaran PCINU Tiongkok foto bersama Ketua KPU Arif Budiman dan anggota KPU lainnya di Jakarta. (ANTARA/istimewa)

Jakarta (ANTARA) - Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) luar negeri mendukung apapun hasil Pemilihan Umum (Pemilu) yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Hal itu disampaikan Pengurus Cabang Istimewa NU luar negeri melalui pernyataan bersama menyikapi hasil Pemilu 2019 yang diterima di Jakarta, Senin.

Pengurus NU cabang luar negeri itu menyampaikan Pemilu merupakan proses politik lima tahunan yang menjadi amanat Undang-Undang Dasar 1945 dan mekanismenya diatur UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Para pengurus NU cabang luar negeri mengapresiasi pelaksanaan Pemilu 2019 yang berjalan aman, tertib, dan lancar.

NU cabang luar negeri mengimbau seluruh pihak menyelesaikan melalui mekanisme dan saluran konstitusional yang telah diatur undang-undang.

Seluruh elemen masyarakat juga diminta tetap menjaga ketertiban, menghormati konstitusi, dan hukum dengan mengedepankan persatuan nasional dalam menyikapi Pemilu 2019.

Terakhir, pengurus NU cabang luar negeri menekankan masyarakat tidak melakukan tindakan inkonstitusional yang berpotensi merusak pembangunan bangsa dan mengancam integrasi nasional.

Pewarta : Taufik Ridwan
Editor: Yuniardi Ferdinand
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar