Rambu sudah terpenuhi dan tempat istirahat sementara (TIS) sudah kami bangun
Jakarta (ANTARA) - PT Hutama Karya (Persero) atau HK memastikan Jalan Tol Trans-Sumatera ruas Bakauheni, Lampung, hingga Palembang sudah siap dilalui pemudik pada Lebaran 2019.

Untuk memastikan kesiapan tol tersebut, Direktur Utama Hutama Karya Bintang Perbowo menyusuri Jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung yang dikelola oleh BUMN tersebut.

"Kami ingin memastikan bahwa Jalan Tol Trans-Sumatera dari Lampung sampai Palembang memang benar-benar siap untuk dilalui oleh para pemudik," ujar Bintang dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Selasa.

Dia menjelaskan bahwa tujuan dari dilakukannya kunjungan ini adalah untuk meninjau kesiapan ruas tol tersebut sebelum nanti dilalui oleh para pemudik.

"Nanti, ada yang operasional yaitu ruas
Bakauheni-Terbanggi Besar, dan juga ada yang akan fungsional yaitu dari Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung,” katanya.

Hingga saat ini progres pekerjaan konstruksi dari Terbanggi Besar hingga Kayu Agung sudah lebih dari 95 persen sehingga sudah siap fungsional dengan kondisi seluruhnya perkerasan beton/rigid dan flexible pavement.

"Rambu sudah terpenuhi dan tempat istirahat sementara (TIS) sudah kami bangun. Progressnya sudah 80 persen,” tutur Bintang.

Selain Direktur Utama HK, penyusuran Trans-Sumatera ini juga dilakukan bersama pejabat HK lainnya seperti Komisaris Adityawarman
dan Musyafak, serta Direktur Operasi I Bambang Pramusinto.

Selain itu, turut mendampingi pula Sekretaris Perusahaan M Fauzan, Kepala Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol (OPJT) J Aries Dewantoro, dan Kepala Divisi Pengembangan Jalan Tol (PBJT) Agung Fajarwanto.

Dalam kesempatan yang sama, Agung Fajarwanto menjelaskan bahwa dengan difungsionalkan ruas Terbanggi Besar-Kayu Agung dan Kayu Agung-Palembang (dikelola oleh PT Sriwijaya Markmore Persada), menandakan bahwa pada arus mudik 2019, pemudik sudah dapat melakukan perjalanan dari Lampung hingga Palembang melalui jalan tol sepanjang 361,06 km.

“Jalur ini terdiri dari ruas Bakauheni-Terbanggi Besar yang telah beroperasi penuh sepanjang 140 km dan juga ruas lain yang masih fungsional yaitu Terbanggi Besar-Pematang Panggang sepanjang 99 km, Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 87 km dan Kayu Agung-Palembang (dikelola oleh PT Sriwijaya Markmore Persada) sepanjang 34 km,” ujarnya.

Baca juga: Mulai 17 Mei, tol Trans Sumatera Bakauheni-Terbanggi Besar berbayar
Baca juga: Tol Trans Sumatera makin ramai dilintasi kendaraan

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2019