Kudus (ANTARA) - Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, diguncang gempa bumi dengan kekuatan 4,2 skala richter (SR) dan dirasakan oleh sejumlah masyarakat di kabupaten tetangga, Rabu.

Akibat gempa tersebut, sejumlah pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kudus yang berada di dalam kantor bertingkat langsung berhamburan keluar.

Menurut Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Kudus Bergas Catursasi Penanggungan di Kudus, Rabu, berdasarkan informasi yang diterima dari BMKG gempa berkekuatan 4,2 SR terjadi pukul 11.22 WIB.

Adapun pusat gempa berada di lokasi 6.69 LS, 110.78 BT (14 kilometer Barat Laut Kudus-Jateng dengan kedalaman 10 kilometer.

Terkait dampak gempa, dia mengaku, belum mendapatkan informasi apakah ada kerusakan yang ditimbulkan.

Ia mengingatkan warga Kudus untuk tetap tenang karena goyangan gempa bersifat horisontal.

"Jika bergetar, sebaiknya bersumbunyi di bawah meja atau di sudut tembok bangunan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," ujarnya.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Jepara Arwin Noor Isdiyanto mengungkapkan gempa yang terjadi di Kabupaten Kudus memang dirasakan hingga Kabupaten Jepara.

"Meskipun demikian, kami masih melakukan pengecekan di lapangan apakah ada dampaknya," ujarnya.

Ayu, salah seorang warga Kudus yang kebetulan berada di Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Kudus mengakui para pegawai yang berada di lantai tiga langsung berhamburan keluar ketika merasakan ada getaran gempa.

Pegawai yang berhamburan, katanya, tidak hanya dari BKPP, melainkan pegawai dari organisasi perangkat daerah (OPD) Bappeda serta Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Kudus juga ikut berhamburan keluar.

Informasinya, gempa juga dirasakan oleh warga Kecamatan Kota, Kabupaten Pati. 

Baca juga: Gempa bermagnitudo 4,9 guncang Sumba Barat
Baca juga: Tak berpotensi tsunami, gempa 5,9 SR guncang Pangandaran
Baca juga: Satu kali gempa susulan di selatan Jawa

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019