Ambon (ANTARA) - Kota Ambon mendapat tambahan kuota haji untuk tahun 2019 sebanyak 32 orang dari sebelumnya 368 orang, menyusul Provinsi Maluku mendapat tambahan kuota sebanyak 182 orang dari sebelumnya 1.090 orang.

"Kita bersyukur sebab untuk tahun ibadah haji 2019 kuota untuk Kota Ambon sudah naik menjadi 400 orang," kata Kasi Urusan Agama Islam dan Penyelenggara Haji Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Ambon Wahab Putuhena di Ambon, Senin.

Dengan demikian, pentahapan pelunasan biaya perjalanan ibadah haji diperpanjang lagi, tahap ketiga terhitung dari tanggal 19-28 Mei 2019, sebab masih tercatat sebanyak tujuh orang yang belum melunasi BPIH.

"Kami yakin dalam waktu yang tinggal dua hari ini mereka akan melunasi BPIH tersebut, sebab bisa saja mereka ketinggalan informasi, tetapi jauh-jauh hari Kantor Kementerian Agama Kota Ambon sudah memberikan informasi, oleh sebab itu kita tunggu saja," ujarnya.

Ditanya terkait persiapan pelaksanaan manasik haji, Wahab mengatakan belum dapat dilaksanakan karena anggaran untuk kegiatan tersebut belum ditetapkan.

"Padahal sesuai jadwal manasik sudah harus dilaksanakan tanggal 16 April 2019 untuk Calhaj kabupaten dan kota," katanya.

"Jadi proses manasik haji akan dilaksanakan setelah ada penetapan anggarannya, karena itu kita tunggu saja," tambahnya.

Pewarta: Shariva Alaidrus
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2019