Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Arus mudik di Bandara Notohadinegoro Jember, Jawa Timur masih sepi penumpang dan belum terlihat lonjakan penumpang yang cukup signifikan saat memasuki "H-7" Lebaran atau Rabu.

"Hari ini masih seperti hari biasa dan belum terlihat peningkatan jumlah penumpang baik kedatangan maupun keberangkatan di bandara," kata Kepala Bandara Notohadinegoro Edy Purnomo di Kabupaten Jember.

Ada dua maskapai yang beroperasi di Bandara Notohadinegoro yakni Citilink dan Wings Air dengan rute Surabaya-Jember, namun Wings Air terbang setiap hari dan Citilink terbang selama empat hari dalam sepekan yakni Minggu, Senin, Rabu, dan Jumat.

Informasi yang dihimpun, jumlah penumpang Wings Air yang datang di Bandara Notohadinegoro pada 29 Mei 2019 tercatat sebanyak 23 orang, sedangkan penumpang yang berangkat ke Bandara Juanda Surabaya sebanyak 21 orang. Untuk penumpang Citilink yang datang tercatat sebanyak 17 orang, sedangkan yang berangkat sebanyak 10 orang.

"Pada Lebaran 2018, suasana mudik di Bandara Notohadinegoro Jember sudah terasa pada 'H-9' Lebaran 2018 karena ada peningkatan jumlah penumpang, namun untuk Lebaran tahun ini masih belum terlihat peningkatan penumpang pada 'H-7' Lebaran 2019," tuturnya.

Edy mengatakan penurunan jumlah penumpang pada Lebaran 2019 terkait mahalnya harga tiket pesawat tidak hanya terjadi di Bandara Notohadinegoro Jember, namun hampir merata secara nasional karena kebijakan itu pada level nasional dan bukan tingkat daerah.

"Turunnya jumlah pemudik yang menggunakan jasa penerbangan di Jember karena ada beberapa hal yakni harga tiket pesawat yang naik, keberadaan jalan tol hingga Probolinggo dan adanya moda transportasi kereta api yang memiliki banyak alternatif tujuan," katanya.

Ia menjelaskan okupansi penumpang maskapai Wings Air rata-rata sekitar 50 hingga 70 persen dari jumlah kursi yang tersedia, sedangkan okupansi penumpang Citilink berkisar 40 hingga 50 persen dari jumlah kursi yang ada.

"Berbagai sarana penunjang arus mudik dan balik Lebaran juga sudah disiagakan di Bandara Jember seperti pengamanan dan posko kesehatan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, serta memberikan rasa nyaman selama pemudik melakukan perjalanan ke kota tujuan," ujarnya.

Bandara Notohadinegoro bisa menjadi salah satu alternatif pemudik dari Surabaya untuk menuju ke Jember atau sebaliknya pada saat Lebaran 2019, sehingga moda transportasi udara menjadi salah satu pilihan untuk pemudik yang ingin lebih cepat sampai di tempat tujuan.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019