Surabaya (ANTARA) - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melepas program mudik bareng Pemerintah Provinsi Jatim di Terminal Gapura Surya Nusantara (GSN) Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Rabu.

Dalam kesempatan itu, mantan Menteri Sosial ini meminta para pemudik untuk selalu menjaga kesehatan, agar ketika sampai di tujuan tidak sakit dan bisa merasakan lebaran bersama keluarga.

"Saya tahu, pikiran anda sudah berada di atas kapal, bahkan ada yang sudah ada di tujuan. Saya minta jaga kesehatan agar bisa merasakan lebaran bersama," kata Khofifah saat melepas program perdana tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Timur Fattah Jasin mengatakan, pemberangkat perdana program mudik ini diikuti sebanyak 460 penumpang dengan tujuan Surabaya-Maselembu dan diangkut KM Dharma Kartika 3.

Program mudik Pemprov Jatim tahun 2019, kata dia, berbeda dengan tahun sebelumnya, yakni adanya keterkaitan dengan penumpang kapal, mereka kemudian diangkut dengan bus secara gratis ke tempat tujuan atau kalau di  Surabaya diarahkan ke Terminal Bus Purabaya.

Terkait keberangkatan perdana ini, Jasin mengatakan, mudik kali ini diikuti penumpang dari berbagai latar belakang, seperti mahasiswa, pekerja dan mereka yang berasal dari Pondok Pesantren di wilayah Jawa Timur.

Untuk program mudik gratis laut, kata
Jasin, Pemprov Jatim membuka enam jalur laut, di antaranya Surabaya-Maselembu, Surabaya-Bawean, Gresik, Kalianget-Kangean, Situbondo-Sapudi dan Sapudi-Kangean.

"Masing-masing jalur ini ada  empat kali pelayaran, dan diharapkan membantu masyarakan untuk mudik," katanya.



 

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Eddy K Sinoel
Copyright © ANTARA 2019