Bolton: Ranjau laut Iran tampaknya digunakan dalam serangan tanker

id John Bolton,Serangan tanker,Iran,UAE,Arab Saudi

Penasihat keamanan nasional Amerika Serikat (AS) John Bolton (REUTERS/Joshua Roberts/File Photo)

Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (ANTARA) - Penasihat Keamanan Nasional AS John Bolton pada Rabu (28/5) mengatakan serangan terhadap kapal tanker minyak di lepas pantai Uni Emirat Arab (UAE) baru-baru ini "hampir dapat dipastikan adalah pekerjaan ranjau laut dari Iran".

UAE belum menuduh siapa pun atas sabotase terhadap empat kapal, termasuk dua tanker Arab Saudi, yang diikuti dua hari kemudian oleh serangan pesawat tanpa awak terhadap stasiun pompa minyak di Arab Saudi.

Riyadh menuduh Teheran memerintahkan serangan itu, yang diklaim oleh gerakan Syiah Yaman, Al-Houthi --yang bersekutu dengan Iran. Namun Iran telah membantah keterlibatannya dalam serangan tersebut.

"Saya kira jelas (serangan tanker) ini adalah ranjau laut, yang hampir bisa dipastikan dari Iran," kata Bolton kepada wartawan di Abu Dhabi, UAE, sebagaimana dikutip Reuters --yang dipantau Antara di Jakarta, Kamis siang. Namun ia tak bersedia memberi komentar mengenai bagian tertentu dalam penyelidikan yang diikuti oleh Amerika Serikat.

Ia mengatakan serangan terhadap tanker tersebut berkaitan dengan serangan terhadap stasiun pompa bensin di pipa saluran bagian Barat-Timur Kerajaan Arab Saudi dan satu serangan roket di Zona Hijau di Ibu Kota Irak, Baghdad.

Belum ada reaksi bagi pernyataan itu dari Pemerintah Iran.

Sumber: Reuters

Pewarta : Chaidar Abdullah
Editor: Fardah Assegaf
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar