Untuk membantu pemudik, PMI membuka 591 titik pos pertolongan pertama dengan mengerahkan 10.587 personel termasuk dokter dan paramedis dan 393 unit ambulans
Jakarta (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) mengerahkan ribuan personel sukarelawannya ditambah petugas medis untuk membantu para pemudik di berbagai daerah yang membutuhkan berbagai pelayanan sejak H-7 hingga H+7 Idul Fitri 1440 Hijriyah.

"Untuk membantu pemudik, PMI membuka 591 titik pos pertolongan pertama dengan mengerahkan 10.587 personel termasuk dokter dan paramedis dan 393 unit ambulans," kata Pelaksana harian (Plh) Ketua Umum PMI, Ginandjar Kartasasmita di halaman Markas Pusat PMI Jalan Jendral Gatot Subroto, Rabu.

Menurutnya, Tim Pos Pertolongan Pertama (PP) PMI akan bertugas memberikan pelayanan di berbagai tempat keramaian di sepanjang pantura, terminal bus, stasiun kereta, pelabuhan laut, pusat rekreasi atau kawasan wisata yang banyak dikunjungi masyarakat saat Idul Fitri.

Selain itu, PMI juga menyiagakan klinik serta Unit Transfusi Darah (UTD) yang ada di kabupaten/kota untuk mendukung arus mudik dan balik. Masalah keselamatan di jalan raya juga menjadi salah satu tugas personel yang bertugas di wilayah arus mudik kali ini.

Sosialisasi keselamatan di jalan raya kepada seluruh pemudik khususnya untuk kendaraan pribadi dilakukan lembaga kemanusiaan ni di setiap pos PP, dengan berbagai media seperti stiker, leaflet, brosur serta kampanye melalui media sosial.

Tahun ini PMI berbagi kiat mudik yang aman, nyaman dan sehat di mana sebelum keberangkatan mudik, para petugas PMI akan membagikan PP kit personal kepada pemudik serta memeragakan layaknya pramugari.

Mereka memberikan kiat mudik aman, nyaman dan sehat untuk membantu pemudik yang melakukan perjalanan dengan kereta api dan bis.

Masyarakat umum juga bisa mengunduh aplikasi pertolongan pertama PMI yang bisa diunduh secara gratis di Playstore dengan link https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cube.gdpc.fa ataupun di IOS dengan link berikut https://itunes.apple.com/id/app/first-aid-ifrc/id1312876691?mt=8.

Aplikasi ini dapat membantu pengguna untuk mengenali serta untuk mengatasi beberapa permasalahan kesehatan selama mudik, seperti kaki terkilir, tergigit serangga, demam, diare, tekanan darah tinggi serta pencegahan cidera dan luka, keluhan penyakit menular maupun penyakit tidak menular lainnya. 

Baca juga: PMI buka layanan siaga Posko Mudik di 4 lokasi Tangerang

Baca juga: PMI Banjarnegara siagakan 70 relawan selama arus mudik

Baca juga: PMI Sukabumi siapkan posko pijat gratis untuk pemudik

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019