Moskow (ANTARA) - Seorang pejabat Taliban pada Kamis mengatakan kemajuan telah dicapai dalam pembicaraan dengan sekelompok politikus senior Afghanistan di Moskow, Rusia, tapi tak ada terobosan dalam upaya mengakhiri 18 tahun perang.

Pembicaraan lebih lanjut akan diperlukan,  kata Kepala Perunding Taliban Mullah Baradar Akhund. Delegasi yang dipimpin Mullah Baradar bertemu dengan politisi, termasuk pemimpin senior regional dan calon penantang Presiden Ashraf Ghani dalam pemilihan presiden tahun ini di tengah upaya diplomatik guna mengakhiri perang.

"Kami puas. Itu adalah perundingan yang berhasil, dan kami berharap akan melanjutkan tempo ini pada masa depan," kata Mohammad Sohail Shaheen, Kepala Juru Bicara delegasi Taliban, kepada wartawan setelah pertemuan tersebut, sebagaimana dikutip Reuters.

Pertemuan antara pejabat senior Taliban dan berbagai kelompok politikus itu adalah langkah paling akhir dalam upaya mencapai penyelesaian perdamaian.

Shaheen mengatakan satu usul gencatan senjata telah dibahas tapi ia tidak memberi perincian. Ia juga mengulangi tuntutan Taliban bahwa pasukan internasional harus meninggalkan Afghanistan bagi dicapainya kesepakatan perdamaian.

"Kami akan tegas: Tarik pasukan asing, kami akan tegas bahwa mesti ada pemerintah yang stabil di Afghanistan dan semua warga Afghanistan mesti ikut dalam pemerintah masa depan," katanya.

Sumber: Reuters

Baca juga: AS, Taliban kembali berunding dalam putaran keenam

Baca juga: Pembicaraan damai Taliban, Afghanistan ditunda

Penerjemah: Chaidar Abdullah
Editor: Gusti Nur Cahya Aryani
Copyright © ANTARA 2019