Untuk wilayah Tangerang pemudik diberangkatkan dari Mall Alam Sutera sebanyak 2.500 pemudik dengan menggunakan 63 armada bus
Tangerang (ANTARA) - Sebanyak 2.500 peserta mudik gratis Idul Fitri 1440 Hijriah yang diselenggarakan oleh BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Banten diberangkatkan dari kawasan Alam Sutera Kota Tangerang, Banten, Sabtu (1/5).

Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Banten, Eko Nugriyanto di Tangerang, Sabtu menjelaskan, kegiatan ini diselenggarakan selain sebagai realisasi program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BPJS Ketenagakerjaan.
 
Diharapkan kegiatan itu juga dapat meringankan beban para pekerja yang ingin berkumpul bersama keluarga di kampung halaman untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga dan kerabat di kampung halaman.

"Jadi, ini adalah bentuk dari apresiasi yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan kepada peserta yang tertib administrasi dan pembayaran iuran sehingga mendapatkan pelayanan tambahan berupa mudik gratis," ujarnya.

Seluruh peserta mudik gratis diberangkatkan menggunakan 63 armada bus dengan tujuan seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, Lampung, Yogyakarta dan beberapa daerah lainnya.

Adapun peserta yang mengikuti kegiatan mudik gratis berasal dari enam kantor cabang dan delapan kantor perintis.

"Mudik gratis kepada peserta BPJS Ketenegakerjaan dilakukan setiap tahun dan jumlahnya meningkat seiring bertambahnya jumlah peserta," ujarnya.

Sementara itu, secara Nasional Gelar Mudik Bersama BPJS Ketenagakerjaan memberangkatkan 13.000 peserta dengan tujuh titik pemberangkatan.

Jumlah peserta yang ikut tahun ini meningkat dari pelaksanaan tahun 2018 yang memberangkatkan 10.000 pekerja melalui enam titik pemberangkatan.

Para pemudik diberangkatkan serentak pada tanggal 1 Juni 2019 melalui Jakarta, Tangerang , Bekasi, Cikarang, Karawang, Purwakarta, dan satu titik pemberangkatan baru yaitu Makassar.

Wilayah Jakarta merupakan titik pemberangkatan utama yang memberangkatkan sebanyak 5.000 pemudik dengan menggunakan 125 armada bus dari Hall Basket Stadion Gelora Bung Karno.

Sementara itu untuk wilayah Tangerang pemudik diberangkatkan dari Mall Alam Sutera sebanyak 2.500 pemudik dengan menggunakan 63 armada bus.

Untuk wilayah Bekasi diberangkatkan dari Revo Town Mall sebanyak 1.000 pemudik dengan menggunakan 25 armada bus. Untuk wilayah Cikarang diberangkatkan dari Stadion Wibawa Mukti sebanyak 1.500 pemudik dengan menggunakan 38 armada bus.

Untuk wilayah Karawang diberangkatkan dari Plaza Pemda Kabupaten Karawang sebanyak 1.000 pemudik dengan menggunakan 25 armada bus.

Untuk wilayah Purwakarta diberangkatkan dari Taman Sribaduga sebanyak 1.000 pemudik dengan 25 armada bus.

Wilayah Makassar dengan jumlah pemudik sebanyak 1.000 pemudik dilepas di Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Selatan sebanyak 32 armada bus.


Baca juga: Dishub Banten perkirakan puncak mudik sepeda motor pada 2 Juni

Baca juga: Dinas Kesehatan Banten siapkan 294 posko kesehatan di jalur mudik

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019