Ribuan pemudik gratis dilepas Bupati Tangerang

id mudik gratis,Kabupaten Tangerang,Banten

Bupati Tangerang, Banten, Ahmed Zaki Iskandar melepas sebanyak 7.670 pemudik gratis Lebaran 2019 . (FOTO ANTARA/Adityawarman)

Tangerang (ANTARA) - Bupati Tangerang, Provinsi Banten, Ahmed Zaki Iskandar melepas sebanyak 7.670 pemudik gratis Lebaran 2019 ke berbagai daerah di Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah.

"Hari ini diberangkatkan secara bertahap sehingga total sebanyak 106 bus ke berbagai jurusan," kata mantan anggota Komisi I DPR RI itu.

Ahmed mengatakan pihaknya menyediakan 13 bus dan 10 truk dalam program mudik tersebut dan selebihnya merupakan bantuan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Program tersebut bertajuk "Mudik, Asyik dan Lancar" itu diberangkatkan dari halaman kantor pusat pemerintahan di Tigaraksa Kabupaten Tangerang.

Menurut dia, Pemkab Tangerang menyiapkan 10 truk ukuran besar yang dapat menampung sekitar 450 unit sepeda motor.

Salah satu tujuan mudik gratis tersebut, katanya, agar tidak menggunakan sepeda motor ketika pulang ke kampung halaman dengan alasan untuk mengurangi tingkat kecelakaan di jalan raya.

Ahmed mengharapkan kepada pemudik agar ketika kembali ke Kabupaten Tangerang tidak membawa saudara yang tanpa memiliki keahlian, karena daerah ini sudah penuh dan jangan ditambah lagi dengan penggangguran.

Dia mengatakan diharapkan selama dalam perjalanan tanpa ada kendala karena saat ini pemerintah sudah membangun jalan tol untuk memudahkan transportasi darat bagi pemudik dari Banten hingga ke Surabaya.

Dalam acara tersebut hadir pejabat dari Kemenhub, Risal Wasal, Kapolresta Tangerang, Kombes Pol Sabilul Alif, Kepala Dishub, Bambang Mardi Sentosa, Kepala Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Tangerang, Dedi Sutardi.

Ahmed menambahkan setiap unit bus dapat menampung sebanyak 59 orang dengan mengunakan alat pendingin udara (AC) sehingga selama dalam perjalanan pemudik merasakan nyaman.

Sedangkan tujuan pemudik beberapa kota di Jawa Barat seperti cirebon, Kota Banjar dan Kabupaten Kuningan.

Untuk ke Jawa Tengah dengan tujuan Magelang, Slawi, Pemalang, Pekalongan, Temanggung, Cilacap, Demak, Jepara, Kudus, Klaten, Salatiga, Banjarnegara, Wonosobo dan Boyolali.

Bahkan pemudik ke Jawa Tengah lainnya dengan tujuan Sragen, Wonogiri, Kembumen, Solo, Purwokerto, Blora, Wonosari, Pati, Semarang dan Purwadadi.

Sementara itu, Kepala Dishub Kabupaten Tangerang, Bambang Mardi Sentosa mengatakan program mudik gratis itu juga membawa penumpang tujuan Madiun dan Surabaya (Jawa Timur) dan Yogyakarta.

Pihaknya menyediakan 10 truk dengan harapan pemudik menaikkan sepeda motor agar dapat berlebaran di kampung halaman.

"Tujuan awalnya adalah agar dapat mengurangi pemudik mengunakan sepeda motor karena berdampak pada resiko kecelakaan di jalan raya," katanya.

Baca juga: Bupati Tangerang pastikan kelayakan bus mudik gratis Lebaran

Baca juga: Dinkes Tangerang siagakan paramedis dan mobil ambulans gawat darurat

Pewarta : Adityawarman(TGR)
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar