Palu (ANTARA) - Partai Nasional Demokrat (NasDem) berhasil mengantar 13 politisi perempuan menjadi anggota legislatif 2019-2024 di Provinsi Sulawesi Tengah, berdasar hasil Pemilu 2019.

"Iya, untuk hasil pileg 2019, ada 13 politisi perempuan dari Nasdem yang menjadi anggota legislatif periode 2019 - 2024," ucap Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem Sulteng, Muslimun, Sabtu.

Muslimun menjelaskan, 13 politisi perempuan tersebut berhasil menjadi anggota legislatif mulai dari daerah tingkat I dan tingkat II di Sulawesi Tengah.

Dr Hj Nilam Sari Lawira, sebut Qimunk, sapaan akrab Muslimun, satu-satunya politisi perempuan NasDem yang berhasil menjadi anggota legislatif untuk daerah tingkat satu di DPRD Sulawesi Tengah.

NasDem menempatkan Nilam Sari Lawira untuk bertarung di daerah pemilihan enam meliputi Kabupaten Sigi dan Donggala, Sulawesi Tengah. Di daerah pemilihan tersebut, Nilam meraih suara 19.858, sekaligus menopang suara partai menjadi 39.615, dan berhak mendapat satu kursi DPRD Sulteng dari dapil tersebut.

Untuk daerah tingkat II kabupaten/kota di Sulawesi Tengah, sebut Qimunk, terdiri dari Mutmainah Korona yang berhasil menjadi anggota legislatif DPRD Kota Palu dari daerah pemilihan Palu Utara-Tawaeli.

Untuk DPRD Donggala, NasDem berhasil mengantar Widya Kasman Lassa dan Farida, menjadi elite politik.

Kemudian, Endang, menjadi satu-satunya politisi perempuan NasDem yang berhasil menjadi anggota legislatif untuk DPRD Kabupaten Sigi.  Untuk DPRD Parigi Moutong, Nasdem berhasil mengantar Umi Kalsum.

Selanjutnya, DPRD Kabupaten Tojo Una-una ada Rahmatia. DPRD Kabupaten Banggai, Nasdem berhasil membawa tiga srikandi-nya menjadi anggota legislatif, mereka ialah Batia Sisilia Hadjar, Sinje, dan Ayet.

DPRD Kabupaten Banggai Kepulauan, masing-masing Rutdiansih dan Yeni. Egi, berhasil menjadi anggota DPRD Kabupaten Morowali Utara.

NasDem tidak hanya menjadi partai politik pemenang di Sulawesi Tengah, tetapi juga menjadi salah satu partai yang berhasil memenangkan politisi perempuan terbanyak di Provinsi Sulawesi Tengah untuk periode 2019 - 2024.
 

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2019