Pemkab Belitung Timur lakukan intervensi pasar untuk kendalikan harga

id Pemerintah intervensi harga

Satgas Pangan saat mengecek harga dan persediaan barang kebutuhan pokok di daerah itu, Sabtu (31/5) (babel.antaranews.com/Ahmadi)

Manggar, Babel, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan intervensi pasar untuk mengendalikan harga bahan kebutuhan pokok menjelang Lebaran.

"Intervensi pasar yang kami lakukan bersama Satgas Pangan tergolong berhasil, terbukti hingga sekarang harga kebutuhan pokok masih stabil," kata Wakil Bupati Belitung Timur, Burhanuddin di Manggar, Sabtu.

Ia menjelaskan, intervensi pasar yang dilakukan pemerintah daerah terutama untuk harga daging, bahan pangan dan komoditas hortikultura.

"Kami akan terus memantau kondisi harga sembako dan persediaan barang di tingkat pedagang dan agen karena bisa memicu melonjaknya harga," ujarnya.

Terutama dua hari menjelang Lebaran Idul Fitri, kata dia, tim Satgas Pangan harus rutin turun ke pasar karena rawan terjadi kenaikan harga yang semakin tidak terkontrol.

"Terkait sepinya pembeli seperti yang dikeluhkan konsumen memang imbas dari merosotnya perekonomian masyarakat di daerah ini," ujarnya.

Menurut dia, minat beli masyarakat meningkat dengan sendirinya jika perekonomian warga sudah bagus.

"Maka kami genjot dunia investasi untuk membuka lapangan pekerjaan, dengan begitu baru daya beli masyarakat kembali meningkat," ujarnya. ***1***

Pewarta : Ahmadi
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar