Padang, (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Padang, Sumatera Barat menerjunkan 31 relawan untuk bersiaga di empat Pos Pengamanan Lebaran di Kota Padang yang dinilai rawan terjadi kecelakaan.

Wali Kota Padang Mahyeldi yang juga Ketua PMI Kota Padang di Padang, Minggu mengatakan pihaknya sudah menyiapkan para relawan untuk melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan hingga pelayanan ambulans yang disediakan bagi warga yang membutuhkan.

"Relawan PMI disiagakan pada empat titik yaitu Simpang lampu merah Lubuk Begalung, Bungus Teluk Kabung, Lubuk Buaya dan Simpang Lampu Merah Ketaping," kata dia.

Ia memastikan para relawan yang diterjunkan sudah terlatih dan dibekali perlengkapan mulai dari alat bantu P3K lengkap dan pengemudi ambulans.

Lebih lanjut Wali Kota berharap, upaya yang dilakukan PMI Kota Padang dapat membantu warga masyarakat dalam pertolongan pada kecelakaan.

Ini juga sebagai upaya memberikan jaminan terhadap keselamatan warga yang membutuhkan pertolongan dengan maksimal," ujarnya.

Ia menyampaikan relawan mulai bertugas hari ini sampai Lebaran dan setelah Lebaran akan berada di titik keramaian terutama di objek wisata di pantai di Kota Padang.

Sementara itu Kepala Markas PMI Kota Padang Yunaldi Didit menyampaikan relawan akan saling bersinergi membantu pihak kepolisian, kesehatan dan lainnya terbagi dalam tugas masing-masing.

"Kalau tidak mampu menanganinya akan dibantu untuk dirujuk ke rumah sakit guna mendapatkan pengobatan intensif," kata dia.

Ia berpesan agar relawan bisa melaksanakan tugas dengan maksimal sesuai dengan standar operasional prosedur dan memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan baik.

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2019