Tangerang (ANTARA) - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tangerang, Banten memperkirakan program mudik gratis dengan bus dapat mengurangi sebesar tujuh persen pengguna sepeda motor.

"Ini berdasarkan laporan dan perkiraan petugas lapangan yang meneliti dan memantau," kata Kepala Dishub Kabupaten Tangerang Bambang Mardi Sentosa, di Tangerang, Minggu.

Bambang mengatakan program mudik gratis sebagai upaya untuk menurunkan tingkat kecelakaan lalu lintas di jalan raya terutama menggunakan sepeda motor.

Sebelumnya, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar telah melepas sebanyak 7.670 pemudik gratis Lebaran 2019 ke berbagai daerah di Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah.

Keberangkatan armada itu secara bertahap, sehingga total sebanyak 106 bus ke berbagai jurusan.

Pemkab Tangerang menyediakan 13 bus dan 10 truk dalam program mudik tersebut, dan selebihnya merupakan bantuan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Program tersebut bertajuk "Mudik, Asyik dan Lancar" itu, diberangkatkan dari halaman kantor pusat pemerintahan di Tigaraksa, Kabupaten Tangerang. Bahkan, Pemkab Tangerang menyiapkan 10 truk ukuran besar yang dapat menampung sekitar 450 unit sepeda motor.

Salah satu tujuan mudik gratis tersebut agar tidak menggunakan sepeda motor ketika pulang ke kampung halaman dengan alasan untuk mengurangi tingkat kecelakaan di jalan raya.

Sedangkan tujuan pemudik beberapa kota di Jawa Barat seperti Cirebon, Kota Banjar, dan Kabupaten Kuningan. Untuk ke Jawa Tengah dengan tujuan Magelang, Slawi, Pemalang, Pekalongan, Temanggung, Cilacap, Demak, Jepara, Kudus, Klaten, Salatiga, Banjarnegara, Wonosobo, dan Boyolali.

Pemudik ke Jawa Tengah lainnya dengan tujuan Sragen, Wonogiri, Kebumen, Solo, Purwokerto, Blora, Wonosari, Pati, Semarang, dan Purwadadi.

Program mudik gratis itu, juga membawa penumpang tujuan Madiun dan Surabaya (Jawa Timur) dan Yogyakarta.

Menurut dia, dari hasil perkiraan petugas bahwa penurunan angka tujuh persen pengguna sepeda motor tersebut dari tahun sebelumnya.

Pewarta: Adityawarman(TGR)
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2019