Lampung Selatan (ANTARA) - Tren konsumsi bahan bakar minyak (BBM) terutama di wilayah Sumatera bagian selatan menunjukkan peningkatan siginifikan, terutama BBM jenis Pertamax yang naik hingga 19,1 persen.

"Untuk produk gasoline dan biosolar juga mengalami kenaikan signifikan 31,9 persen untuk gasoil," kata GM Pertamina MOR II Sumbagsel, Primarini, di rest area Km3 3 Jalan Tol Trans Sumatera, Lampung Selatan, Minggu.

Ia mengatakan, Satgas Rafi yang bertugas memastikan kelancaran distribusi dan keamanan stok BBM serta elpiji ini hingga H+15, yaitu tanggal 21 Juni 2019.

Menurut dia, dari rata-rata harian normal, ada peningkatan sekitar 19,1 persen untuk produk Pertamax, disusul Pertalite naik 11,4 persen, kemudian Premium 5,9 persen.

Namun, lanjut dia, Pertamax Turbo mengalami penurunan sekitar 6,4 persen. Sedangkan untuk gasoil, biosolar masih berada di peringkat tertinggi yaitu naik 31,9 persen, disusul Pertamina Dex 25 persen dan Dexlite 17,2 persen.

Primarini menjelaskan, puncak konsumsi BBM tertinggi terjadi pada 30 Mei 2019, berdasarkan data peningkatan konsumsi ini juga dikarenakan jumlah kendaraan yang masuk melalui ruas jalan tol Bakauheuni-Terbanggi Besar mencapai 18 ribuan kendaraan.

"Jika dibanding hari-hari sebelumnya, memang pada 30 Mei merupakan puncak tertinggi arus mudik yang melintas di jalur Sumatera, sehingga konsumsi BBM tanggal tersebut juga mengalami peningkatan 171 persen untuk Pertamax jika dibanding hari sebelumnya, dan kenaikan 130 persen untuk Pertalite, sedangkan Pertamax Turbo naik 132 persen pada 26 Mei dan Premium mengalami penjualan tertinggi pada 28 Mei yaitu naik 115 persen," ujarnya pula.

Untuk produk gasoil, lanjut dia, tren konsumsi tertinggi biosolar terjadi pada tanggal 23 Mei yaitu naik 142 persen, Dexlite pada 25 persen yaitu 177 persen serta Pertamina Dex 259 persen pada 22 Mei.

Ia mengharapkan, melalui penyediaan varian produk untuk BBM ini, para pemudik dapat memilih produk berkualitas yang terbaik untuk kendaraannya.

"Karena perjalanan mudik ini adalah perjalanan yang mencari kenyamanan, sehingga kami mengimbau para pemudik untuk menggunakan bahan bakar berkualitas seperti Pertamax Series dan Dex Series," kata Primarini lagi.

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2019