Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Tiga hari menjelang perayaan Idul Fitri 1440 Hijriyah atau H-3 Lebaran belum ada peningkatan volume kendaraan yang kasuk ke jalur mudik Sukabumi, Jawa Barat yang menghubungkan Sukabumi dengan Jagorawi.

"Dari hasil pantauan CCTV dan koordinasi dengan anggota di pos pengamanan maupun pengaturan Idul Fitri arus lalu lintas asih ramai lancar, hanya beberapa titik terjadi penyendatan,  itupun di pusat perbelanjaan seperti sekitar Pasar Semimodern Cicurug, Parungkuda hingga Cibadak yang dikarenakan banyaknya kendaraan warga yang keluar masuk pasar," kata  Kaur Bin Ops (KBO) Sat Lantas Polres Sukabymi Iptu Agus Suhendar di Sukabumi, Minggu.

Ia mengatakan dalam pengaturan arus lalu lintas ini pihaknya juga memantau kondisi jalur mudik ini dengan menggunakan CCTV yang dipasang di beberapa lokasi. Arus lalu lintas dan volume kendaraan khususnya yang masuk Sukabumi terus dipantau di TMC Pamuruyan.

Pemantauan dilakukan mulai dari pagi hingga malam hari dan pada H-3 ini belum ada peningkatan jumlah kendaraan yang masuk. Kendaraan yang berasal dari luar daerah didominasi kendaraan pribadi baik sepeda motor maupun mobil.

Namun demikian, katanya, pihaknya tetap bersiaga di sejumlah titik rawan kemacetan untuk mengatur arus lalu lintas agar kepadatan kendaraan bisa diurai.

Menurutnya, meskipun jalur mudik Sukabumi ini bukan jalur utama, tetapi kerap dimanfaatkan pemudik dari Jabodetabek menuju Cianjur, Bandung dan sekitarnya jika arus lalu lintas di Puncak padat atau tersendat.

Antisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas, selain menempatkan personelnya, katanya, pihaknya juga mengimbau para pemudik agar berhati-hati jika melewati daerah rawan kecelakaan serta tidak memaksakan berkendaraan saat mengantuk, lebih bailk menepi dan beristirahat dahulu.

"Pengaturan dan pemantauan arus lalu lintas terus dilakukan agar pada musim mudik lebaran tahun ini berjalan lancar dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan lalu lintas. Dan jika volume kendaraan meningkat kendaraan pun dialihkan sebagian menuju jalur alternatif," tambahnya.

Dari pantauan di lokasi jalur mudik hingga pukul 19.00 WIB arus lalu lintas relatif ramai lancar, kendaraan pun didominasi warga sekitar yang menuju pusat perbelanjaan.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019