Di dua wilayah tersebut, kami menempatkan personel Dishub yang akan tetap beroperasi meski pada hari 'H' Lebaran, kecuali saat Sholat Ied mereka ikut sholat dulu setelah nya berpatroli kembali
Amuntai, HSU (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan, mendirikan posko pelayanan untuk menjaga keamanan arus mudik melalui perairan antara lain di Kecamatan Paminggir dan Danau Panggang.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten HSU Hamdani di Amuntai, Senin mengatakan, pos pelayanan Lebaran dibuka sejak H -7 hingga H+7.

Khusus di HSU, tambah dia, pihaknya juga membuka pos pengamanan wilayah transportasi perairan utamanya di Kecamatan Paminggir dan Danau Panggang, yang merupakan wilayah yang hanya bisa ditempuh dengan trasportasi sungai.

"Di dua wilayah tersebut, kami menempatkan personel Dishub yang akan tetap beroperasi meski pada hari 'H' Lebaran, kecuali saat Sholat Ied mereka ikut sholat dulu setelah nya berpatroli kembali," kata Hamdani.

Selain di perairan, tambah dia, pihaknya juga mendirikan posko arus mudik di beberapa titik yang dibangun di pinggir jalan raya yang banyak dilalui pemudik.

"Masing-masing posko ditempatkan personel TNI Polri, Dishub, Satpol PP, Dinkes, Senkom dan Pramuka, yang bertugas secara bergantian siang dan malam," katanya. 

Hamdani juga menginformasikan tentang program mudik gratis yang diselenggarakan Pemprov Kalsel berupa Program Paman Birin Peduli.

"Pemkab Hulu Sungai Utara melalui Dishub turut mendukung dan memfasilitasi program mudik gratis tersebut, dengan menyediakan angkutan bagi warga HSU yang mudik kedaerah, kita antar ke tempat tinggal masing-masing khususnya yang berdomisili di wilayah Kota Amuntai dan sekitarnya," katanya.

Sebelumnya, jajaran Kepolisian Resort Hulu Sungai Utara, turut mewaspadai dan mengantisipasi ancaman aksi serangan teror terhadap markas dan personil kepolisian selama libur panjang Idul Fitri 1440 Hijriah.

Berdasarkan rilis dari pihak Polres Hulu Sungai Utara (HSU) bahwa Kapolres HSU AKBP Ahmad Arif Sofiyan dan Wakapolres Kompol Tukiman secara bergantian melakukan patroli dan mengecek kesiapan pos pelayanan lebaran, yang dipusatkan pada tiga titik yakni di depan Rest Area Desa Muara Tapus, Terminal Banua Lima dan Taman Putri Junjung Buih.

"Potensi ancaman keamanan selama libur panjang Idul Fitri tahun ini cukup meningkat, melalui operasi ketupat 2019 salah satu potensi serangan aksi teror baik terhadap masyarakat, maupun terhadap personil dan markas kepolisian," kata HM Tukiman.

Melalui patroli tersebut, Kapolres dan Wakapolres memastikan bahwa personil gabungan TNI Polri bersama Satpol PP , Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Senkom mitra Polri dan anggota Pramuka bertugas dengan baik.

 

Pewarta: Ulul Maskuriah/Eddy Abdillah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019