Tangerang (ANTARA) - Pemudik mengunakan sepeda motor dan sebagian mobil yang melintasi di jalan Raya Serang yang merupakan jalur utama di Kabupaten Tangerang, Banten, pada H-1 Lebaran mayoritas pemudik dengan tujuan jarak dekat.

Kepala Pos Pelayanan Lalu Lintas Polresta Tangerang, Ipda AA Surya di Tangerang, Selasa mengatakan pemudik tersebut tujuan Kebupaten Lebak, Pandeglang, Serang maupun Cilegon.

"Untuk tujuan beberapa kota di Pulau Sumatera sudah melintas sejak sore kemarin hingga usai shalat subuh," katanya.

Surya mengatakan pemudik biasaya berangkat H-1 untuk mengejar agar dapat bersama keluarga di kampung Shalat Idul Fitri.

Meski begitu, katanya, masih ada saja pemudik yang tersisa mengunakan sepeda motor dengan tujuan beberapa kota di Lampung, Sumatera Selatan dan Bengkulu.

Namun jumlahnya tidak banyak seperti pada H-2 yang mencapai 22.297 unit sepeda motor dan sebanyak 7.435 unit kendaraan pribadi serta 18 unit bus mudik Lebaran.

Sedangkan puncak Lebaran 2019 pemudik dengan sepeda motor pada pukul 20.00 Wib pada H-2 mencapai 1.691 kendaraan tiap jam.

Pos pelayanan tersebut memantau arus mudik dan balik pada H-7 hingga H+7 Lebaran 2019 di jalan Raya Serang yang merupakan jalur utama non tol.

Petugas dari Polresta Tangerang tersebut memantau lalu lintas pergerakan barang dan orang mulai dari perbatasan dengan Kota Tangerang hingga ke Kecamatan Jayanti, bersebelahan dengan Kabupaten Serang.

Pada pos pelayanan itu tidak saja oleh polisi, tapi aparat TNI dari Kodim 0510 Tigaraksa, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tangerang dan Dishub Banten, Satpol PP setempat dan anggota Pramuka.

Surya menambahkan, petugas siaga selama 24 jam di pos pelayanan tersebut dengan tujuan membantu mengatur arus lalu lintas bagi pemudik yang hendak ke kampung halaman masing-masing.

Sementara itu, Kapolresta Tangerang, Kombes Pol Sabilul Alif mengatakan petugas memasang kamera pengintai (CCTV) pada sejumlah lokasi strategis untuk memudahkan pengamanan.

Bahkan selama arus mudik dan balik, petugas mendirikan delapan pos pelayanan diantaranya di Citra Raya, di Balaraja, di Cikupa dan Curug.

Demikian pula pos pelayanan itu juga di sejumlah lokasi wisata seperti di Tanjung Kait, Kecamatan Mauk dan di Tanjung Pasir, Kecamatan Teluknaga.

Padahal sebelumnya, aparat Polresta Tangerang, memperketat pengamanan mudik Lebaran 2019 pascaledakan di Kertasura, Jawa Tengah, termasuk pada sejumlah pusat perbelanjaan dan keramaian.

Sabilul menambahkan bentuk pengamanan dilakukan dengan penuh kehati-hatian tanpa mengabaikan kenyamanan masyarakat.

Petugas selalu waspada dan meningkatkan intensitas patroli dan memperketat pengamanan di berbagai Pos Pelayanan Pengamanan Lebaran dan di Mapolresta.

Pewarta: Adityawarman(TGR)
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019