Ada air minum gratis dan pendingin ruangan juga jadi cukup nyaman
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah pemudik memanfaatkan ruang kerja bersama atau "co-working space" yang disediakan di Stasiun Gambir, Jakarta, saat menunggu keberangkatan di sela-sela kepadatan arus mudik Lebaran.

"Lumayan membantu karena ada data yang harus saya kerjakan dan dikirim segera," kata calon pemudik Meta Nelly di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Selasa.

Meta yang akan mudik ke Purworejo, Jawa Tengah itu juga terbantu dengan adanya ruangan tersebut karena proses komunikasi menjadi lancar.

"Kalau di luar cukup bising, kalau di ruangan ini agak tenang dan tidak mengganggu komunikasi," ucap ibu satu anak yang bekerja di salah satu perusahaan asing itu.

Baca juga: Ragam alasan pemudik di balik popularitas kereta api
Baca juga: Pemudik di Stasiun Gambir kenang sosok Ani Yudhoyono


Senada dengan Meta, calon pemudik lainnya, Fikri Ahsanul Huda, juga mengaku terbantu dengan adanya ruang kerja yang baru dibuka April 2019 tersebut.

Sejumlah fasilitas seperti jaringan internet tanpa kabel dan stopkontak yang disediakan, dinilai mendukung kebutuhan para pemudik khususnya bagi mereka yang sedang menyelesaikan tugas.

"Ada air minum gratis dan pendingin ruangan juga jadi cukup nyaman," ucapnya.

Namun, mahasiswa semester akhir Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta itu mengharapkan agar pengelola menyosialisasikan lebih intensif keberadaan ruangan tersebut.

Awalnya, pemuda asal Pekanbaru, Riau itu mengira ruangan kerja bersama itu merupakan ruang tunggu eksklusif.

Baca juga: Ada ruang tunggu bernuansa taman di Stasiun Gambir
Baca juga: Pemudik nikmati alunan keroncong di Stasiun Gambir


Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengharapkan ruangan tersebut memudahkan pekerjaan penumpang yang sedang dalam perjalanan jarak jauh.

Ruangan tersebut, lanjut dia, memiliki kapasitas 20 tempat duduk lengkap dengan meja.

"Fasilitas yang bisa dinikmati pengguna jasa kereta api jarak jauh di Stasiun Gambir. Jadi saat menunggu berangkat atau dijemput, mereka masih bisa mengerjakan tugas," katanya.

Untuk menggunakan ruangan tersebut, para penumpang cukup menunjukkan boarding pass.

Ruang kerja bersama di Stasiun Gambir merupakan satu dari sembilan ruangan serupa yang ada di Juanda, BNI City, Cirebon, Yogyakarta, Surabaya Gubeng, Jember, Bandung, dan Semarang Tawang.

Co-working space itu dirancang kekinian lengkap dengan lukisan dan cahaya bola lampu temaram yang menggantung dari langit-langit ruangan.

Selain itu, nuansa alam juga ditonjolkan dengan batu bata yang masih tetap dibiarkan alami tanpa disemen.

Baca juga: Jumlah pemudik di Stasiun Gambir H-1 Lebaran menurun

Baca juga: PMJ kerahkan anjing pelacak sisir Stasiun Gambir

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019