Jayapura (ANTARA) - Wali Kota Jayapura Benhur Tommy Mano mengajak segenap warga untuk menjaga toleransi antarumat beragama sehingga tercipta kehidupan yang harmonis, aman dan nyaman.

"Berkaitan dengan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah, saya imbau warga untuk menjaga ataupun meningkatkan sikap toleransi antarumat beragama," katanya di Kota Jayapura, Papua, Rabu.

Dengan toleransi antarumat beragama ataupun dengan antarsesama manusia maka akan terbina hubungan yang harmonis, jauh dari kesan ketidaknyamanan.

"Sehingga di momen yang Fitri ini, mari kita saling berkunjung, saling bersilahturahmi, jaga tali persaudaraan, jauhi sikap ego dan mari kita jaga serta cintai Kota Jayapura dengan mementingkan kepentingan umum," katanya.

Kota Jayapura, kata dia, merupakan rumah bersama semua warga Indonesia, baik yang datang dari Aceh, Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Maluku.

"Yang tentunya tetap menjunjung tinggi pepatah dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung. Mari kita rawat keberagaman ini, mari kita bergandengan tangan bangun kota ini, kita mulai dari pribadi masing-masing dengan saling menghormati satu sama lain," katanya.

Jangan membeda-bedakan dengan semangat suku agama ras dan antargolongan (SARA), tapi kata Benhur Tommy Mano yang akrab disapa BTM, kedepankan sikap Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika.

"Kita berbeda tapi tetap satu, mari jaga kota ini menjadi rumah bersama. Akhirnya, saya sampaikan selamat Idul Fitri 1440 Hijiriah kepada umat muslim, mohon maaf lahir dan batin," katanya.

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2019