Arus balik Tol Manado-Bitung dibuka 7 hingga 11 Juni

id tol

Kendaraan melintasi tol Manado-Bitung saat difungsionalkan. (1)

Manado (ANTARA) - Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XV Sulawesi Utara dan Gorontalo, Triono Junoasmono mengatakan, arus balik yang melintasi tol Manado-Bitung akan dibuka 7 hingga 11 Juni 2019.

"Masih seperti semula, bahwa kendaraan yang akan melintasi ruas tol ini yaitu kendaraan golongan satu," katanya di Manado, Kamis.

Kendaraan golongan satu yang diizinkan melintasi tol Manado-Bitung yaitu jenis sedan, jip, pick up/truck kecil dan bus.

"Motor memang sejak awal dibuka pada 29 Mei 2019 lalu tidak diizinkan masuk dan melintasi jalan tol, untuk arus balik dibuka mulai jam 08.00 sampai 17.00 Wita," ujarnya.

Dia mengemukakan, sebelum difungsionalkan mulai tanggal 29 Mei hingga 11 Juni 2019, kondisi ruas tol yang akan dimanfaatkan untuk arus mudik dan arus balik telah disurvei kelayakannya.

"Jadi sudah dicek oleh tim perwakilan Badan Pengatur Jalan Tol dan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR," katanya.

Triono menambahkan, untuk memudahkan pengguna ruas tol, BPJN XV juga telah menyiapkan posko yang bisa dimanfaatkan saat arus balik.

BPJN XV-PT Jasamarga Manado Bitung mengatur arah kendaraan yang melintasi ruas tol menjelang dan sesudah lebaran, dimana mulai tanggal 29 Mei hingga 6 Juni 2019 diatur kendaraan dari arah Manado-Bitung.

Selanjutnya, pada tanggal 7 hingga 11 Juni 2019 diatur kendaraan yang akan melakukan perjalanan dari Kota Bitung menuju Kota Manado.

Dari panjang keseluruhan tol 39,9 kilometer, BPJN XV dan PT Jasamarga memfungsionalkan ruas tol dari simpang susun Airmadidi dan keluar di Manembo-nembo sepanjang 18,2 kilometer.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar