Jakarta (ANTARA) - Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama bersama istrinya Michelle pada Kamis (6/6), mengumumkan telah menggeluti bisnis podcast melalui kerjasama dua tahun dengan layanan streaming Spotify untuk memproduksi seri eksklusif.

Dilansir Reuters, dalam kerjasama itu keluarga Obama akan "membuat, memproduksi dan memberikan suara mereka" untuk podcast terpilih yang bakal didistribusikan ke seluruh dunia, ujar Spotify dan perusahaan produksi Obama bernama Higher Ground dalam pernyataan resmi.

Sebelumnya, Obama dan Netflix juga mengumumkan kerjasama selama dua tahun di mana mereka akan memproduksi film, dokumenter dan serial lain.

Spotify Technology SA, layanan streaming musik terbesar dunia dengan jumlah pengguna aktif 217 juta per bulan, akan mendistribusikan podcast itu pada pendengar sedunia.

Lima tahun terakhir, podcast telah jadi bisnis besar dengan bahasan bervariasi, kriminal, berita terkini, politik hingga komedi.

Di Amerika, pendengar podcast naik 35 persen dalam tiga tahun terakhir karena jumlah kontennya juga semakin bertambah, berdasarkan studi 2018 dari perusahaan data konsumen statista.com

Belum diketahui topik apa yang akan diangkat di podcast Obama, atau kapan tepatnya podcast itu bisa didengarkan.

Dalam keterangan resmi, Barack mengatakan ia percaya podcast akan "menawarkan kesempatan luar biasa untuk membuat dialog produktif, membuat orang tersnyum dan membuat orang berpikir, dan semoga, membuat orang-orang jadi lebih dekat."

Baca juga: Soundtrack Aladdin versi Isyana-Gamaliel laris didengar di Spotify

Baca juga: Spotify buat fitur mirip Instagram Stories

Baca juga: Perusahaan Obama siapkan tayangan Netflix, biopik hingga serial anak

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019