BMKG imbau waspadai potensi cuaca buruk di Sabang

id BMKG, Kota Sabang, Stasiun Mereorologi Sabang, Pulau Weh, Aceh, Indonesia

Prakiraan cuaca wilayah Kota Sabang, Provinsi Aceh, Jumat (7/6) (Dokumen Stasiun Mereorologi Cot Ba U, Maimun Saleh, Kota Sabang)

Sabang (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika mengingatkan operator dan pengguna jasa pelayaran untuk mewaspadai potensi cuaca buruk dari, 7-10 Juni 2019 pada rute penyeberangan Sabang-Banda Aceh maupun sebaliknya.

"Aliran massa udara basah dari Samudera Hindia masuk ke wilayah Aceh dapat memicu potensi curah hujan tinggi dan peningkatan tinggi gelombang," kata Kepala Stasiun Meteorologi Cot Ba U Maimun Saleh Sabang, Siswanto di Sabang, Jumat.

Ia menjelaskan, hasil analisis dinamika atmosfer terpantau masih terdapat aliran massa udara basah dari Samudera Hindia yang masuk ke wilayah Aceh.

Hangatnya suhu muka laut di wilayah perairan timur dan barat Aceh dan terlihat adanya daerah pembelokan serta perlambatan kecepatan angin di perairan sekitar Kota Sabang dan sekitarnya dapat berdampak pada peningkatan kondisi cuaca yang signifikan.

"Dampak dari cuaca signifikan ini akan memicu curah hujan yang tinggi peningkatan gelombang lebih dari 2 meter dan kecepatan angin lebih dari 30 km/jam di laut Andaman dan sekitarnya," jelas Siswanto.

Untuk itu, pihaknya mengingatkan kepada seluruh masyarakat maupun operator dan pengguna jasa pelayaran dihimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan dari curah hujan tinggi serta kenaikan tinggi gelombang.

"Dampak yang perlu diwaspadai adalah adanya potensi hujan lebat disertai angin kencang yang berakibat pada tumbangnya pohon, baliho, spanduk dan terangkatnya seng rumah warga serta potensi gerakan tanah longsor di beberapa ruas jalan menuju lokasi wisata," papar Kepala Stasiun Meteorologi Sabang.

PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Persero menyampaikan, saat ini cuaca di perairan Sabang, Aceh dan sekitar masih aman untuk pelayaran dan pihaknya melayani hingga empat trip pulang pergi (pp) Sabang-Banda Aceh dan sebaliknya.

Cuaca saat ini masih relatif normal dan pelayaran berjalan lancar. Kemudian, sehubungan masih adanya antrian kenderaan dan penumpang kapal ferry lintasan Banda Aceh - Sabang melayani hingga empat trip pp," kata Supervisi Lintas PT ASDP Indonesia Ferry Perwakilan Sabang Husaini.

Jadwal penyeberangan kapal roll on–roll off (Ro-Ro) dari, Pelabuhan Balohan, Sabang, dan Pelabuhan Ulee-Lheue, Banda Aceh masing-masing melayani empat trip hari ini yakni, Trip I pukul 07:30 WIB dan Trip II pukul 10:30 WIB, trip ketiga pukul 14:30 WIB dan trip IV pukul 16:00 WIB.

Pewarta : Irman Yusuf
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar