Jakarta (ANTARA) - Tim putri Indonesia harus puas menempati peringkat keenam pada Piala Dunia Bola Basket 3x3 U-18 di Ulanbaatar, Mongolia, yang rampung digelar hari ini, Jumat.

Langkah Indonesia terhenti di babak perempat final setelah menelan kekalahan 10-16 dari Amerika Serikat, yang melaju hingga menjuarai nomor putri dan mengawinkannya dengan gelar serupa di nomor putra, demikian catatan laman resmi FIBA.

Kendati kalah di perempat final, dalam klasemen akhir nomor putri Indonesia berada di peringkat keenam dengan catatan tiga kemenangan dalam lima laga yang mereka jalani, rata-rata 13,4 poin per gim dan total poin 67, setara dengan Meksiko yang berada di urutan ketujuh.

Tim putri Indonesia secara berurutan ada di bawah Amerika Serikat, Selandia Baru, Prancis, China dan Jepang.

Indonesia sebelumnya secara dramatis berhasil menempati peringkat kedua klasemen akhir fase penyisihan Pool D usai menang 15-13 atas Swiss lewat tembakan buzzer-beater di hari kedua turnamen, setelah sebelumnya juga menundukkan Belgia 15-14.

Di hari pertama, Indonesia kalah 11-15 dari Jepang di gim pertama sebelum kemudian berhasil menaklukkan Rumania 16-12.

Di Mongolia, Indonesia diperkuat oleh kuartet Adelaide Callista Wongsohardjo, Amelia Ryan Ayu Ardhany, Valencia Angelique Pramono dan Sophia Rebecca Adventa.

Baca juga: IBL gelar turnamen 3x3 untuk pramusim 2019-2020

Baca juga: Langkah Indonesia terhenti di Pool D Piala Asia 3x3 2019

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2019