Putussibau, Kapuas Hulu (ANTARA) -
Ketua Tagana Kapuas Hulu, M Hatta, mengatakan, saat ini banjir susulan kembali merendam sejumlah daerah di wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, bahkan sejumlah rumah penduduk di Kecamatan Bunut Hulu sudah terendam banjir.
 
"Dari pantauan kami ada belasa rumah di Bunut Hulu sudah terendam banjir, sedang sejumlah dataran rendah di Kapuas Hulu juga sudah di rendam banjir," kata Hatta dihubungi ANTARA, di Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu, Sabtu malam.
 
Dikatakan Hatta, banjir susulan yang terjadi itu diakibatkan curah hujan yang cukup tinggi, sehingga sungai Kapuas dan sungai - sungai kecil di wilayah Kapuas Hulu meluap.
 
Menurut dia, banjir susulan mulai terjadi sejak siang, hingga malam ini debit air banjir masih naik dan meluas dengan kedalaman rata - rata satu hingga satu setengah meter.
 
Beberapa rumah yang terendam banjir, kata Hatta merupakan rumah yang berada di pesisir sungai, namun sampai saat ini warga masih memilih untuk bertahan di rumah masing-masing. "Banjir besar bisa saja terjadi jika hujan terus menerus di hulu," kata Hatta.
 
Ia mengimbau masyarakat di Kapuas Hulu untuk selalu waspada dan siaga terhadap banjir yang bisa saja terjadi banjir besar.
 
Selain itu, Hatta juga meminta agar masyarakat proaktif untuk memantau dan melaporkan setiap perkembangan banjir, sebab apabila ada warga yang memerlukan bantuan evakuasi mereka siap membantu masyarakat.
 
Terkait banjir susulan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kapuas Hulu belum bisa dimintai keterangan.
 
Banjir di Kapuas Hulu pada 4-6 Juni beberapa hari lalu sempat surut, banjir susulan kembali terjadi sejak Sabtu (8/6) siang, hingga Sabtu malam ini debit air masih naik.

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019