Damri maksimalkan bus angkutan arus balik Palembang-Jakarta

id Arus balik, bus, bus damri, angkutan lebaran

Sejumlah pemudik angkutan bus menunggu di ruang tunggu pool Bis Damri Palembang,Sumsel. (ANTARA News/Feny Selly/Ang/18)

Palembang (ANTARA) - Perusahaan Umum Damri cabang Palembang, Sumatera Selatan, berupaya memaksimalkan bus angkutan arus balik Lebaran untuk melayani lonjakan penumpang Palembang tujuan Jakarta dan beberapa daerah lainnya.

Pada puncak arus balik Lebaran ini, lima bus yang melayani 400 penumpang Palembang-Jakarta dioperasikan maksimal, kata Manajer Usaha Perum Damri Cabang Palembang, Bambang di Palembang, Minggu.

Dia menjelaskan, untuk melayani angkutan Lebaran tahun ini, pihaknya menyiagakan sekitar 80 unit bus ke beberapa daerah di dalam wilayah Sumsel, dan beberapa daerah di Pulau Sumatera dan Jawa.

Bus yang disiapkan pada arus balik ini mencukupi untuk melayani masyarakat yang akan pulang/kembali ke daerah asal, terbukti tidak ada penumpang yang telantar.

"Untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, seluruh bus yang dioperasikan dilengkapi pendingin udara atau AC dan toilet, serta dilakukan pengecekan kelaikan jalan secara maksimal," ujarnya.

Melalui persiapan maksimal diharapkan semua pelanggan dapat dilayani dengan baik pada arus balik Lebaran hingga beberapa hari ke depan, ujarnya.

Sementara itu, salah seorang pengusaha jasa angkutan umum/otobus di Palembang lainnya Solihin mengatakan menyiapkan armada untuk menghadapi arus balik Lebaran Idul Fitri dengan melakukan perawatan ringan dan berat seluruh bus agar tidak mengalami gangguan teknis selama melayani masyarakat.

Dengan persiapan armada secara maksimal diharapkan pelayanan kepada masyarakat baik antarkota dalam provinsi (AKDP) maupun antarkota antarprovinsi (AKAP) dapat dilakukan dengan baik, ujarnya.

Pewarta : Yudi Abdullah
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar