Aktif semua, kan sudah saya imbau kalau libur sudah cukup, sudah satu minggu, jangan sampai ada lagi yang molor atau nambah izin cuti
Bantul (ANTARA) - Bupati Bantul Suharsono mengatakan semua aparatur sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, aktif kerja pada hari pertama usai libur dan cuti bersama dalam rangka Idul Fitri 1440 Hijriah atau Senin (10/6).

"Aktif semua, kan sudah saya imbau kalau libur sudah cukup, sudah satu minggu, jangan sampai ada lagi yang molor atau nambah izin cuti," kata Bupati Bantul usai pemantauan kehadiran ASN di beberapa instansi pemerintah Bantul, Senin.

Beberapa instansi yang dipantau Bupati beserta sejumlah pejabat daerah antara lain Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panembahan Senopati, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Perizinan, kantor Kecamatan serta puskesmas.

Beberapa instansi pelayanan publik tersebut, kata Bupati, saat libur cuti Lebaran juga disiagakan petugas piket meski diberikan kelonggaran waktu dari yang biasanya sampai pukul 16.00 WIB menjadi sampai pukul 12.00 WIB agar pelayanan kepada masyarakat tetap jalan.

"Terutama Disdukcapil dan puskesmas-puskesmas harus siap ambulans beserta petugas yang melayani. Dokter harus ada piket dan Alhamdulillah semua lancar tadi saya cek hampir semua karyawan masuk semua," katanya.

"Iya, mulai dari puskesmas, kecamatan saya cek hadir semua, kemudian tadi saya ucapkan terima kasih kepada pimpinan puskesmas, pimpinan kecamatan dan organisasi peringkat daerah (OPD) OPD walaupun sepi, tetap siap pelayanan sampai jam dinas," katanya.

Bupati juga mengatakan, telah menginstruksikan semua pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Bantul agar ASN bawahannya absen kehadiran, termasuk bagi pegawai yang izin karena sakit memberitahukan kepada pimpinan untuk disampaikan ke Bupati.

"Saya suruh absen semua OPD, walaupun anggota kita ada yang sakit masih di daerah kita harus tetap monitor karena kalau sudah jam kerja menjadi tugas dan tanggungjawab saya, karena kalau ada apa-apa saya bisa diprotes atau dikomplain," katanya.

"Jadi saya suruh absen semua para ASN dan besok pagi saya suruh (pimpinan OPD) kumpulkan semua, agar saya tahu keberadaan mereka," katanya.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Bantul Danu Suswaryanta sebelumnya mengatakan, Inspektorat akan melakukan pengawasan terhadap kehadiran ASN pada hari pertama kerja, jika ditemukan pegawai tidak disiplin, maka dilaporkan ke Bupati dan Sekretaris Daerah (Sekda).

"Setelah dilaporkan ke Pak Bupati dan Pak Sekda nanti kami dari BKPP Bantul akan melihat tingkat kedisiplinan itu, dan kalau memang perlu diberikan sanksi ya kita sanksi," katanya.

Baca juga: Menteri PANRB pantau kehadiran ASN di hari pertama masuk kerja
Baca juga: Wapres terima laporan pantauan kehadiran ASN pascalibur Lebaran

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019