Fungsionalisasi tol Manado-Bitung untuk Lebaran hingga 11 Juni

id lebaran,tol manado bitung,fungsionalisasi tol,Mudik Lebaran 2019,Idul Fitri 1440H,Info Mudik,ramadhan,tradisi lebaran,arus mudik,arus balik

kendaraan melintas di tol Manado Bitung setelah dibuka alias difungsikan saat hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah. (ANTARA)

Manado (ANTARA) - Direktur Utama PT Jasamarga Manado Bitung, George Manurung, mengatakan, fungsionalisasi ruas tol Manado-Bitung selama arus mudik maupun balik Lebaran akan berakhir pada 11 Juni 2019.

"Tol ini dibuka secara fungsional mulai dari akses tol Airmadidi sampai Tanjung Merah Manembo-Nembo," sebut Manurung, di Manado, Senin.

Sejauh ini, kata dia, sejak difungsikan pada 29 Mei 2019 lalu, arus lalu lintas yang menuju Bitung ataupun sebaliknya ke Manado berjalan lancar.

PT Jasamarga Manado Bitung telah menyiapkan kendaraan derek ataupun ambulans untuk mengantisipasi apabila sewaktu-waktu terjadi kecelakaan ataupun kendaraan mogok di sepanjang ruas tol.

Manurung memperkirakan, volume kendaraan yang melintasi tol Manado-Bitung sebelum, pada saat dan sesudah hari raya Idul Fitri akan jauh lebih meningkatkan bila dibandingkan pada saat difungsikan pada Natal dan Tahun Baru lalu.

"Kami berharap volume kendaraan yang melintas lebih dari Natal dan Tahun Baru, saat itu kendaran yang melintas setiap harinya rata-rata 1.100 kendaraan, masih relatif kecil," ujarnya.

Ia tetap berharap, pengemudi ataupun penumpang pada saat arus balik tetap memperhatikan rambu lalu-lintas, tidak berhenti di tepi jalan yang bisa membahayakan diri sendiri maupun pengguna jalan lain.

"Batas maksimum kecepatan di jalan tol 60 kilometer per jam, selain itu kami berharap jangan melakukan swafoto di ruas jalan tol karena sangat membahayakan keselamatan," harapnya.

Rambu lalu lintas yang dipasang saat difungsikan, kata dia, relatif cukup dan akan bertambah ketika tol ini sudah dioperasionalkan secara penuh.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar