Fungsional Lebaran tol Manado-Bitung berakhir Selasa

id tol,Mudik Lebaran 2019,Idul Fitri 1440H,Info Mudik,ramadhan,tradisi lebaran,arus mudik,arus balik

Direktur Utama PT Jasamarga Manado Bitung, George Manurung. (ANTARA Foto/Karel)

Manado (ANTARA) - Direktur Utama PT Jasamarga Manado Bitung, George Manurung mengatakan fungsional tol Manado-Bitung saat hari raya Lebaran akan berakhir hari ini, Selasa (11/6).

"Ini adalah hari terakhir atau hari keempat belas setelah difungsionalkan mulai tanggal 29 Mei 2019," kata Manurung di Manado, Selasa.

Fungsional ruas tol sepanjang 18,2 kilometer tersebut dibagi dalam dua periode yaitu tanggal 29 Mei-6 Juni (satu arah dari Kota Manado-Kota Bitung), sementara tanggal 7-11 Juni (satu arah dari Kota Bitung-Kota Manado) untuk arus mudik.

"Tol Manado-Bitung ini dibuka sejak pukul 08.00-17.00 Wita. Total menghadapi Lebaran ini, tol difungsionalkan sebanyak 14 hari terhitung sejak tanggal dibuka 29 Mei lalu," katanya.

Manurung tetap berharap, warga yang menggunakan tol untuk arus balik tetap memperhatikan rambu lalu lintas, tidak berkendara melebihi kecepatan 60 kilometer per jam.

"Paling penting jangan pernah berhenti di tepi atau badan jalan tol untuk berswafoto karena bisa membahayakan keselamatan pengguna jalan," ajaknya.

Fungsional tol Manado-Bitung ini, lanjut Manurung, juga pernah difungsionalkan saat arus mudik dan balik menjelang Natal dan Tahun Baru.

"Dibukanya ruas tol untuk hari raya Lebaran tahun ini mendapatkan respon positif masyarakat, selain lebih nyaman, warga yang hendak ke Bitung dan sebaliknya ke arah Manado dapat menikmati waktu yang relatif lebih cepat," ujarnya.

Ruas tol yang difungsionalkan sepanjang 18,2 kilometer tersebut menggunakan seksi IB (dibiayai pemerintah) dan seksi IIA (dibiayai PT Jasamarga Manado Bitung).

Total panjang tol yang dimulai dari Kota Manado, Kabupaten Minahasa Utara dan Kota Bitung itu 39,9 kilometer, seksi IA hampir rampung sementara seksi IIB terus digenjot pembebasan lahannya untuk proses konstruksi.

 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor: Ridwan Chaidir
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar