Konawe , Sulawesi Tenggara (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat mengirimkan bantuan logistik untuk membantu korban bencana banjir akibat meluapnya Sungai Konoweha yang menyebabkan beberapa kecamatan di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara terendam.

"PMI Pusat sudah mengirimkan logistik kedaruratan sesuai permintaan kebutuhan. Pendistribusian bantuan ini menjadi salah satu langkah prioritas penanganan untuk membantu warga di lokasi bencana," kata Kepala Biro Sarana dan Prasarana Markas Pusat PMI, Tia Kurniawan melalui sambungan telepon, Selasa.

Adapun bantuan yang dikirim berupa paket family kit, hygiene kit, terpulin, baby kit, selimut, jas hujan, rompi dan matras. Logistik ini dikirim melalui tiga gudang regional PMI Pusat, yakni gudang logistik Serang, Banten, Makasar, Sulawesi Selatan dan Gresik, Jawa Tengah.

Dalam mendukung operasi ini selama masa tanggap darurat bencana di Konawe, pihaknya juga sudah memberikan bantuan uang operasional kepada PMI setempat.

Saat ini lembaga kemanusiaan ini fokus membantu Pemkab Konawe dan Pemprov Sultra untuk pelayanan khususnya kepada korban dalam upaya tanggap darurat banjir. Namun, pelayanan yang diberikan tersebut tidak hanya di Kabupaten Konawe, sebab bencana serupa juga terjadi di Samarinda, Kalimantan Timur.

"Tidak hanya menyalurkan bantuan relawan PMI di lokasi terus membantu proses evakuasi dan assesment serta memberikan pelayanan kepada warga yang menjadi pengungsi tersebar di beberapa titik lokasi banjir di Konawe maupun Samarinda," tambahnya.

Tia mengatakan pengiriman logistik tersebut sebagai upaya mendukung percepatan penanganan bantuan kepada warga yang menjadi korban banjir dalam membantu proses tanggap darurat bencana banjir di dua daerah itu. 

Baca juga: Warga kawal kendaraan yang melintas di daerah banjir Konawe

Baca juga: Banjir Konawe, KLHK teliti ekses perizinan kawasan hutan

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019