Mukomuko (ANTARA) - Mayoritas pabrik minyak kelapa sawit di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, kini kembali beroperasi  mengolah minyak mentah kelapa sawit setelah berhenti karena libur lebaran selama 10 hari, . “Mayoritas pabrik minyak kelapa sawit dari sebanyak 11 pabrik di daerah ini mulai beroperasi tanggal 10 Juni 2019,” kata Kasi Kemitraan dan Perizinan Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Sudianto dalam keterangannya di Mukomuko, Selasa.

Pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini mulai tutup atau berhenti beroperasi membeli tandan buah segar kelapa sawit petani di daerah ini terkait libur Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah mulai Jumat (31/5).

Selanjutnya sebanyak 11 pabrik minyak kelapa sawit yang tersebar di sejumlah wilayah di daerah ini kembali beroperasi mengolah minyak mentah kelapa sawit milik petani setempat pada 10 Juni 2019.

Terkait dengan harga pembelian tandan buah segar kelapa sawit oleh sejumlah pabrik minyak kelapa sawit, ia mengatakan, instansinya belum mendapatkan data harga jual sawit dari pabrik.

Ia mengatakan instansinya saat ini masih meminta data harga jual tandan buah segar kelapa sawit milik petani yang tersebar di 15 kecamatan dari daerah ini dari seluruh pabrik kelapa sawit.

Ia meminta seluruh pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini membeli tandan buah segara kelapa sawit milik petani di daerah ini sesuai dengan harga ketentuan tim perumus harga komoditi perkebunan tersebut.

Sementar harga pembelian tandan buah segar kelapa sawit oleh sejumlah pabrik minyak kelapa sawit (PMKS) di daerah ini sebelum libur lebaran turun berkisar Rp30 per kilogram hinggasebesar Rp50 per kg.

Ia menyebutkan, harga pembelian tandan buah segar kelapa sawit oleh PT KSM turun dari sebesar Rp860 per kg menjadi Rp830 per kg, harga sawit di PT MMIL turun dari sebesar Rp970 per kg menjadi Rp930 per kg.

Kemudian harga sawit di pabrik PT SSS turun dari sebesar Rp940 per kg menjadi Rp890 per kg, harga sawit di PT KAS turun dari sebesar Rp950 per kg menjadi Rp920 per kg, harga sawit di PT DDP Kecamatan Ipuh dan Desa Lubuk Bento turun masing-masing sebesar Rp1.000 per kg menjadi Rp970 per kg.

Lalu harga sawit di PT SAP naik dari sebesar Rp930 per kg menjadi Rp960 per kg dan harga sawit di pabrik kelapa sawit PT AMK bertahan seperti tahun sebelumnya Rp950 per kg.***1***

Pewarta: Ferri Aryanto
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2019