Arus Balik di Pelabuhan Armada Semut lancar

id Pelabuhan,Mudik Lebaran 2019,Idul Fitri 1440H,Info Mudik,ramadhan,tradisi lebaran,arus mudik,arus balik

Arus Balik di Pelabuhan Armada Semut lancar

Suasana di Pelabuhan Armada semut Dufa-Dufa Kota Ternate (ANTARA Foto/Abdul Fatah)

Ternate (ANTARA) - Aktivitas arus balik di berbagai pelabuhan dari dan ke Ternate, Maluku Utara (Malut), pada H+7 terpantau normal khususnya di Pelabuhan Armada Semut, terutama untuk rute Sidangoli-Ternate, Jailolo-Ternate dan Sofifi-Ternate menggunakan speedboat.

Kepala Pos Armada Semut Mangga Dua, Ikram Sofyan di Ternate, Rabu (12/6), mengatakan aktivitas pelayanan bagi calon penumpang arus balik yang menggunakan speedboat masih normal, terutama untuk rute antar-kabupaten masih normal.

Kendati belum terjadi kepadatan, pihaknya tetap melakukan pengawasan secara intensif untuk mendukung kelancaran angkutan penumpang dalam menghadapi arus balik lebaran tahun 2019.

Hal tersebut dilakukan menyusul terjadinya cuaca ekstrim yang melanda perairan Malut dalam beberapa hari terakhir, bahkan aktivitas di pelabuhan itu sempat ditutup guna menghindari terjadinya kecelakaan laut.

Sementara itu, di Pelabuhan ASDP Ternate, ada lima armada yang dikelola melalui jalur penyeberangan perintis seperti di Kabupaten Halmahera Selatan dan Pulau Taliabu.

Manager Operasional ASDP Ternate, Massadik ketika dikonfirmasi mengakui, sebanyak tujuh armada yang disiapkan PT ASDP tersebut khusus untuk melayani angkutan pada rute Bastiong Ternate-Rum Tidore Kepulauan, Bastiong-Sofifi dan Bastiong-Sidangoli.

Selain armada yang disiapkan ASDP, ada pula dua armada milik swasta yang juga beroperasi, sehingga dipastikan keseluruhannya akan mampu mengangkut penumpang selama Ramadhan dan arus balik Lebaran.

Meskipun masih normal untuk mudik, tetapi ada juga lebih memilih balik lebih awal, karena dikhawatirkan nanti mendekati masuk kerja akan ada lonjakan pemudik yang hendak balik dari kampung.

"Berdasarkan data terjadi peningkatan pada kendaraan baik untuk roda dua yang mencapai tujuh persen sementara untuk kendaraan roda empat mencapai lima persen dari tahun 2018 lalu," ujarnya.

Begitu pula, untuk kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat yang melayani rute antar-pulau di Malut memadati di Pelabuhan ASDP Feri Ternate sejak arus mudik dan balik pada lebaran tahun ini.

Sesuai dari data tahun sebelumnya untuk rute Ternate-Rum Kota Tidore Kepulauan 8.628 orang atau mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai 6.857 penumpang.

Untuk kendaraan roda dua mencapai 2.681 dan roda empat 692 kendaraan atau mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun 2016 lalu, rute Ternate-Sofifi juga mengalami peningkatan, dimana jumlah penumpang hingga mencapai 2.776 orang dengan kendaraan roda dua dan empat mencapai 3.311 kendaraan.
 

Pewarta : Abdul Fatah
Editor: Ridwan Chaidir
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar