Jalan lintas Aceh Barat-Pidie terancam putus total akibat longsor

id Longsor,Aceh Barat,Pidie

Camat Sungai Mas, Kabupaten Aceh Barat, Husensyah memperlihatkan kerusakan badan jalan lintas provinsi di lintasan Meulaboh-Geumpang yang rusak akibat terjangan longsor tebing gunung yang terus menggerus badan jalan di kawasan tersebut, Rabu (12/6/2019). (ANTARA/Teuku Dedi Iskandar)

Meulaboh (ANTARA) - Puluhan titik longsor mengancam keselamatan pengguna jalan di jalan lintas Kabupaten Aceh Barat-Kabupaten Pidie, khususnya di sepanjang Kecamatan Sungai Mas, Aceh Barat.

"Jumlah titik longsor di jalan lintas provinsi Aceh ini sangat banyak, jumlahnya mencapai puluhan titik dan sangat membahayakan keselamatan warga yang melintas," kata Camat Sungai Mas, Aceh Barat, Husensyah di Aceh Barat, Rabu.

Ada pun titik terparah longsor tersebut berada di kawasan perbukitan dan pegunungan khususnya di kawasan Sarah Perlak, Lancong, Alue Kuyun, serta kawasan lainnya di kecamatan setempat.

Kondisi badan jalan di jalan lintas ini sebagian besar juga semakin amblas ke dalam jurang akibat terkikis longsor karena sering diguyur hujan lebat hampir setiap hari.

Meski sudah berulangkali menyampaikan keluhan tersebut kepada Dinas PUPR Pemerintah Aceh, hingga saat ini kerusakan badan jalan di jalan lintas provinsi yang menghubungkan antarkabupaten tersebut hingga saat ini belum pernah dilakukan perbaikan secara maksimal.

"Kami berharap kerusakan badan jalan ini agar secepatnya diperbaiki, karena apabila terus dibiarkan maka dikhawatirkan akan menyebabkan putusnya badan jalan," tambah Husensyah.

Pemerintah Kabupaten Aceh Barat juga meminta Pemerintah Aceh yang saat ini mulai melakukan perbaikan badan jalan di jalan lintas Meulaboh, Aceh Barat-Geumpang, Kabupaten Pidie agar melakukan perbaikan mulai dari Kecamatan Sungai Mas.

Mengingat sebagian besar badan jalan di kawasan pedalaman setempat dalam kondisi rusak parah.

"Kami dengar ada dana Rp20 miliar untuk perbaikan jalan tahun ini, kami berharap perbaikannya dapat dimulai dari Sungai Mas, Aceh Barat. Jangan dari daerah lain yang kerusakan badan jalannya tidak seberapa parah," harapnya.

Pewarta : Teuku Dedi Iskandar
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar